Indahnya Matahari Terbit dari Bukit Sikunir Dieng

Ilustrasi matahari
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Antique

VIVA.co.id – Berwisata ke Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Bukit Sikunir Dieng yang terletak di Desa Sembungan, Jawa Tengah. Bukit Sikunir sebagai salah satu obyek wisata andalan Dataran Tinggi Dieng.

Suhu Minus 4,5 Derajat, Dataran Tinggi Dieng Kembali Beku

Saat libur Lebaran, indahnya pemandangan Dieng selalu ramai dinikmati oleh para wisatawan. Banyak hal yang menarik yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Bukit Sikunir Dieng. Salah satu yang paling diincar wisatawan adalah mengabadikan indahnya view sunrise dari Puncak Sikunir yang dikenal dengan Golden Sunrise Sikunir yang fenomenal.

Namun, untuk mencapai bukit ini dan bisa menikmati indah warna jingga matahari terbit dari Bukit Sikunir, Anda harus berusaha mendaki karena tempat ini memiliki ketinggian yang mencapai 2000 meter di atas permukaan laut.

Viral! Dataran Tinggi Dieng Membeku Minus 3,5 Derajat Celsius

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan tersebut dapat melakukan perjalanan dari penginapan terdekat mulai pukul 04.00 pagi.

Seperti yang dilakukan wisatawan asal Jakarta, Sulaeman. Dia menceritakan, untuk menikmati indahnya sunrise di bukit Sikunir, dia sempat bermalam di tempat penginapan terdekat di Jalan Raya Dieng. Ia menjelaskan, butuh waktu tempuh 5-7 kilometer menuju bukit cantik tersebut.

Longsor Tutup Jalur ke Arah Dieng

"Dari bawah ke atas itu butuh waktu 20-30 menit ke atas. Kalau enggak penuh orang 15 menit bisa sampai atas," ujarnya pada VIVA.co.id, Rabu, 28 Juni 2017.

Jika Anda memilih berangkat dengan menggunakan kendaraan atau jasa transportasi ojek, maka, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp10 ribu dan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi dengan nominal yang sama. Untuk biaya masuknya Anda harus membayar tiket senilai Rp10 ribu.

Bukit Sikunir, Dieng

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya