Pantai Ini Dahulu Sangat Indah, Kini Berubah Mengerikan

Ilustrasi pantai.
Sumber :
  • ANTARA/Budi Candra Setya

VIVA.co.id – Terletak sekitar 5 km dari kota kuno Hoi An, Pantai Cua Dai dahulu dikenal sebagai salah satu pantai yang paling menakjubkan di Asia. Pasir putih dan air biru murni membuatnya menjadi tujuan populer di kalangan wisatawan.

Angkat Sport Tourism, Belitung Triathlon Challenge 2022 Sukses Digelar

Namun, dikutip Asia One, pantai ini terancam ditinggalkan karena erosi yang menyerangnya dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan para ahli di sebuah konferensi nasional yang membahas penyelamatan kawasan pesisir Hoi An, tingkat erosi itu berlangsung pesat, dengan rata-rata tahunan 10-15 meter dengan panjang 2.000 meter.

Pantai yang dahulu indah sekarang dirusak oleh ribuan karung pasir yang digunakan sebagai bendungan penahan ombak. Industri pariwisata setempat kini menghadapi berbagai masalah dalam mengundang investor dan pengunjung. Resor dan hotel berbintang di kawasan itu bahkan kini telah ditinggalkan.

Pantai Goa Cina, Tempat Penyegar Pikiran di Malang

Berbagai upaya pun telah dilakukan otoritas lokal untuk menghentikan erosi. Mulai dengan memasang tanggul beton, pembentukan bendungan hidro-bendungan di sungai hulu, perubahan iklim, dan pengerukan pasir ilegal di sungai-sungai setempat. Namun nyatanya ancaman kepunahan pantai ini masih menghantui.

Pantai Sendiki, Si Hiden Gems Malang

Ahli lingkungan dan perubahan iklim telah merekomendasikan pelarangan sepenuhnya penambangan pasir lokal dan pembangunan tanggul bawah laut. Hal ini guna membantu menyelamatkan Pantai Cua Dai tersebut.

Ilustrasi liburan/pantai.

Heboh Kota Ini Terancam Bangkrut Karena Destinasi Wisata Bugil

Pantai telanjang membuat sebuah kota di Eropa terancam bangkrut. Ini terkait Euronat di Grayan-et-l'Hopital, Prancis, salah satu destinasi wisata bugil terbesar

img_title
VIVA.co.id
29 Mei 2023