Obama Effect, Puncak Becici Dikunjungi Ribuan Pengunjung

Barack Obama di lokasi wisata Puncak Becici, Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Daru Waskita (Yogyakarta)

VIVA.co.id – Setelah kedatangan presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama, ke Puncak Becici, Yogyakarta, pada Kamis 29 Juni 2017 wisatawan membanjiri lokasi ini.

Keren-keren! 5 Tempat Wisata Ini Bisa Diakses dari HeHa Ocean View

Dampak kedatangan mantan penguasa negeri Paman Sam atau Obama Effect langsung dirasakan oleh pengelola Puncak Becici dengan kenaikan pengunjung yang cukup tajam.

Sugandi Saputro, pengelola Obyek Wisata Alam Puncak Becici mengatakan, jumlah pengunjung pada pekan lalu, Kamis 29 Juni 2017, bersamaan dengan kedatangan Obama mencapai 4.221 wisatawan. Pada hari Jumat 30 Juni 2017 setelah kedatangan Obama naik menjadi 5.951 wisatawan, pada 1 Juli 2017.

Resmi Dilantik, Joe Biden Serukan Persatuan dan Akhiri Perang

Jumlah ini terus bertambah menjadi 6.853 wisatawan, dan di hari terakhir libur panjang Lebaran yakni, Minggu 2 Juli 2017 mencapai 6.853 wisatawan.

"Selama tiga hari usai kedatangan Obama kunjungan wisata melonjak hingga tiga ribu wisatawan," ucapnya kepada VIVA.co.id, Senin 3 Juli 2017.

Warga Indonesia di AS Ikut Waswas Jelang Pelantikan Joe Biden

Menurutnya, sebelum kedatangan Obama kunjungan wisatawan di bawah tiga ribu bahkan pada 25 Juni 2017 atau hari pertama Lebaran hanya 570 wisatawan. "Memang trennya usai kedatangan Obama mengalami kenaikan yang cukup tajam," ucapnya.

Lalu apa keistimewaan Puncak Becici hingga dikunjungi Obama?

Sugandi mengatakan, wisatawan yang datang ke Puncak Becici bisa melihat pemandangan wilayah Kota Yogyakarta hingga keberadaan Candi Prambanan yang berbatasan antara Sleman dan Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

"Jika datang pagi hari saat masih ada kabut pemandangan cukup indah, di mana kota Yogyakarta terlihat seperti tertutup kabut sehingga sering untuk swafoto para wisatawan," ujarnya.

Keberadaan wisata alam di Puncak Becici tidak lepas dari hutan pinus yang tumbuh di Kecamatan Dlingo. Selain menikmati keindahan pemandangan alam, wisatawan juga bisa santai di bawah rindangnya pohon pinus sembari berbincang-bincang santai dengan keluarga.

"Ada beberapa tempat untuk beristirahat santai bagi wisatawan sambil menikmati teduhnya hutan pinus, dan tentunya udara yang segar meski sudah menginjak siang hari," katanya.

Riza Marzuki, pengelola obyek wisata Grojokan Lepo di Kecamatan Dlingo mengatakan, dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini diakui muncul berbagai obyek wisata di Kecamatan Dlingo seperti obyek wisata Hutan Pinus Mangunan, Seribu Batu atau rumah Hobit, obyek wisata Bukit Panguk, Bukit Pengger, Tlogosari, Gua Gajah, Watu Goyang dan Bukit Mojo.

"Yang paling pertama muncul adalah Kebun Buah Mangunan yang dikelola Pemda Bantul, dan menyusul hutan Pinus Mangunan, serta disusul obyek wisata berbasis alam," ucapnya.

Selain Kebun Buah Mangunan semua obyek wisata dikelola oleh masyarakat, bersama dengan Kantor Pengelolaan Hutan Yogyakarta sebagai pihak pemilik lahan. Dengan hampir lebih dari 80 persen obyek wisata alam dikelola oleh masyarakat. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya