Candi Borobudur jadi Magnet Utama Destinasi Joglosemar

Candi Borobudur.
Sumber :
  • REUTERS/Andreas Fitri Atmoko/Antara Foto

VIVA.co.id – Borobudur International Festival (BIF) yang akan diselenggarakan pada 28-30 Agustus 2017 di Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dijadikan sebagai sarana efektif untuk branding Candi Borobudur sebagai magnet utama destinasi Yogyakarta, Solo, Semarang (Joglosemar)

Chattra Penting Dipasang karena Dinilai Sebagai Salah Satu Ikon Candi Borobudur

“Kita telah meluncurkan branding 10 destinasi, di antaranya Joglosemar dengan brand  ‘Java cultural wonders’. Sub-brand destinasi pariwisata ini akan memperkuat positioning dari masterbrand ‘Wonderful Indonesia’,” ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin, 17 Juli 2017.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sendiri mengatakan bahwa Candi Borobudur adalah ikon sekaligus magnet kunjungan wisatawan, bukan hanya di kawasan Joglosemar, tetapi juga Jateng, Indonesia dan dunia.

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

“Borobudur telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO, sementara Kemenpar menetapkan sebagai satu di antara 10 destinasi prioritas. Berbagai ketetapan tersebut menunjukkan Borobudur memiliki potensi wisata kelas dunia sehingga layak didorong pengelolaannya demi kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Penyelenggaraan BIF sendiri menjadi wadah bagi seniman (dari dalam negeri dan luar negeri) untuk menampilkan kreativitas terbaik mereka serta sebagai sarana untuk branding Candi Borobudur sebagai magnet utama destinasi Joglosemar dalam meningkatkan kunjungan wisman ke Jateng dan D.I.Yogyakarta. Tentu saja tujuan lainnya adalah untuk mencapai target kunjungan 15 juta wisman tahun ini dan 20 juta wisman pada 2019 mendatang.

Pakar dan Akademisi Sarankan Chattra Segera Dipasang di Candi Borobudur

BIF 2017 melibatkan ratusan seniman dari berbagai daerah di Tanah Air serta seniman mancanegara, di antaranya dari Jepang, China, dan India. Para seniman ini akan tampil dengan karya terbaik mereka mulai pagi hingga malam hari.

Nantinya, di rangkaian acara BIF 2017 para seniman dari China, Jepang, dan India akan melakukan kolaborasi pertunjukan seni budaya dengan para seniman dari berbagai daerah di Tanan Air. 

BIF 2017 juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian daerah dari Kabupaten Lumajang (Jawa Timur), Banten dan Kabupaten atau Kota di Jawa Tengah, seperti Pekalongan, Tegal, Cilacap, Jepara, Wonogiri, Rembang dan Magelang; pembukaan Pameran Permuseuman dan Kepurbakalaan, penampilan duta seni provinsi dan duta dari mancanegara, serta familiarization (fam) trip.

Dalam kegiatan fam trip ini, para peserta dari mancanegara akan diajak melihat langsung destinasi serta keindahaan Candi Borobudur serta kegiatan desa wisata sekitar Borobudur, termasuk aktivitas masyarakat setempat dalam melakukan berbagai pelatihan pariwisata dalam menyambut wisatawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya