Maskapai Bertarif Rendah Ini Buka Rute Jakarta-Gorontalo

Hiu Paus (Whale Shark).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

VIVA.co.id – Memperluas konektivitas penerbangan di Nusantara, sekaligus mendukung upaya percepatan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata, Maskapai Citilink Indonesia membuka rute penerbangan baru Jakarta – Gorontalo via Makassar.

Kemnaker Apresiasi Kerja Sama Industri Penerbangan Indonesia-Tiongkok

“Provinsi Gorontalo tergolong daerah yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik dengan angka mencapai 6,52 persen atau berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional sehingga menjadikannya sebagai wilayah yang potensial untuk  pengembangan bisnis yang berkelanjutan,” kata Direktur Niaga Citilink Indonesia Andy Adrian melalui siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Jumat 28 Juli 2017.

Rute penerbangan Citilink Indonesia dari dan menuju ke Gorontalo yang terhubung langsung dengan kota-kota pusat perekonomian Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya sehingga diharapkan mampu mendorong kegiatan perekonomian di Gorontalo agar berlangsung dengan lebih aktif dan cepat.

Citilink Lakukan Ekspansi Bisnis di Pulau Dewata

“Pembukaan rute Gorontalo juga merupakan bentuk dukungan Citilink Indonesia terhadap program Pemerintah Indonesia untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara hingga tahun 2019. Terlebih lagi dengan melihat industri pariwisata Gorontalo yang tumbuh semakin meningkat,” kata Andy.

Perlu diketahui, jumlah wisatawan yang datang ke Provinsi Gorontalo menurut data Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo, tercatat sebanyak 606.658 wisatawan sepanjang tahun 2016, atau jauh lebih besar dari target yang ditetapkan sebanyak 110 ribu wisatawan.

Menhub Optimistis Industri Penerbangan Segera Bangkit

Pembukaan rute Citilink Indonesia dari dan menuju ke Gorontalo diharapkan akan semakin membuka akses menuju destinasi wisata di Gorontalo seperti Danau Limboto, Pantai Botutonuo, Sungai Bone dan sejumlah objek wisata lainnya di Serambi Madinah ini.

Selain itu, Andy menambahkan bahwa kekayaan alam, potensi pariwisata dan nilai strategis Gorontalo yang berbatasan langsung dengan negara-negara ASEAN menjadi dasar pertimbangan Citilink Indonesia untuk membuka rute Gorontlo, sehingga membantu meningkatkan konektivitas antar wilayah di Sulawesi dan nasional, sehingga mempercepat pembangunan yang dilakukan.

“Kondisi ini membuat Citilink untuk menargetkan penguasaan pasar atau market share sebesar 18 persen dan tidak menutup kemungkinan untuk terus meningkat di lain waktu,” kata Andy.

Penerbangan QG 311 rute baru Gorontalo ke Jakarta via Makassar tersebut akan ditempuh dengan durasi empat jam penerbangan, berangkat dari Gorontalo pukul 11.00 WITA dan tiba pukul 15.10 WIB di Jakarta.

Sementara itu, penerbangan dari Jakarta menuju ke Gorontalo via Makassar berangkat pukul 04.30 WIB dan tiba di Gorontalo pukul 10.15 WITA. Untuk melayani rute penerbangan ini, Citilink Indonesia menggunakan pesawat jenis Airbus A320 dengan kapasitas 180 penumpang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya