Wajib Tahu Saat Bawa Kendaraan Pribadi di Selandia Baru

Wellington, Selandia Baru
Sumber :
  • Pixabay/trf57

VIVA.co.id – Mengemudi kendaraan sendiri adalah salah satu cara paling mudah untuk menjelajah setiap destinasi yang hendak dikunjungi. Tak terkecuali, bagi Anda yang berkesempatan pelesir ke Selandia Baru.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Dengan mengemudi sendiri di Selandia Baru, mungkin menjadi pengalaman yang spektakuler. Hampir keseluruhan jalur destinasi di sana memiliki pemandangan yang indah, daya tarik geografis yang menawan, hingga keekstriman jalurnya di antara bukit maupun jurang.

Namun perlu diperhatikan, Manajer Regional Tourism New Zealand's Steven Dixon mengatakan, untuk bisa mengemudi sendiri di Selandia Baru dipastikan Anda memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku. Pastikan juga, SIM Anda dalam bahasa Inggris yang akurat atau SIM internasional.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

"Jika belum berbahasa Inggris, Anda bisa menerjemahkannya kepada pihak yang berwenang seperti perwakilan diplomatik di komisi tinggi, kedutaan, atau kantor yang mengeluarkan SIM Anda," kata Steven kepada VIVA.co.id

Selain itu, ketika mengemudi di Selandia Baru harus selalu mengemudi di sisi kiri jalan. Adapun tips-tips berguna lainnya yang memungkinkah pengetahuan Anda ketika ingin mengemudi sendiri di Selandia Baru.

Toyota Luncurkan Fortuner Edisi Terbaru, Dapat Fitur Menarik

Parkir paralel

Anda bisa kena denda hingga diderek jika parkir paralel di sisi jalan yang salah. Anda hanya boleh parkir  di sisi kiri jalan, kecuali di jalan satu arah.

Mengemudi di off-road

Asuransi kendaraan sewaan biasanya tidak mencakup mengemudi di jalan-jalan yang bukan jalan biasa, misalnya Ninety Mile Beach (Northland) dan Skipper's Canyon (Queenstown). Selalu periksa syarat dan ketentuan kontrak sewa kendaraan Anda.

Penyeberangan feri Selat Cook

Interislander dan Bluebridge mengoperasikan feri-feri reguler untuk penumpang dan kendaraan antara Wellington dan Picton. Jika Anda menyewa mobil baiknya diakhiri di Wellington dan sewa mobil yang lain di Picton, atau sebaliknya.

Usia minimum

Usia minimum untuk menyewa kendaraan di Selandia Baru adalah 21 tahun

Puncak liburan

Puncak liburan di Selandia Baru berlangsung dari November sampai Maret, sangat disarankan untuk melakukan pemesanan sebelumnya untuk akomodasi, kendaraan, dan semua keperluan aktivitas.

Mengemudi dengan bugar

Jika Anda baru tiba setelah penerbangan yang panjang, pastikan Anda cukup istirahat dengan bermalam lebih dahulu di tempat kedatangan Anda sebelum mengambil kendaraan sewaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya