Presiden Jokowi Hadiri Lebaran Betawi di Setu Babakan

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan
Sumber :
  • VIVAnews/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Lebaran Betawi yang dipusatkan di Perkampungan Setu Babakan, Jakarta Selatan. Acara yang sedianya dimulai sejak 28 Juli - 30 Juli 2017 itu, pada hari ini akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Hadir di Sidang Sengketa Pilpres 2024, Airlangga Hartarto Jelaskan Arahan Jokowi

Jokowi yang juga mantan Gubernur Ibu Kota, bakal ikut meramaikan hari perayaan budaya asli warga Jakarta yang dilakukan setiap setelah hari raya Idul Fitri. Bersifat silaturahmi, biasanya Lebaran Betawi menampilkan makanan penampilan kebudayaan seperti Tanjidor, Gambang Kromong, Keroncong, Lening, hingga Ondel - Ondel.

Pemerintah DKI memprediksi bakal ada 20.000 pengunjung selama Lebaran Betawi tiga hari terlaksana. Acara ini dibuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya apa pun masuk ke area Setu Babakan.

Menko PMK Muhadjir Effendy Pastikan Hadir jadi Saksi di MK, Sudah Dapat Izin Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, lokasi Setu Babakan akan diusulkan menjadi acara tahunan untuk Lebaran Betawi. Alasannya, karena perkampungan ini masih menyimpan tradisi dan kesenian Betawi meski kini sudah memasuki era modern.

Ia behrarap, kawasan ini juga diproyeksikan menjadi destinasi wisata.

Profil Marsekal Madya Tonny Harjono, Eks Ajudan Jokowi yang Ditunjuk Jadi KSAU

"Dengan dipusatkannya Lebaran Betawi di Setu Babakan setiap tahunnya, tempat ini akan menjadi Destinasi wisata Budaya Betawi di Jakarta maupun Indonesia," kata Djarot, Selasa, 25 Juli 2017.

Menko PMK Muhadjir Effendy, Hadiri Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2024

Muhadjir Effendy Sebut Kunker dan Bertemu Langsung Masyarakat Itu Pola Kepemimpinan Jokowi

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan kunjungan kerja Presiden Jokowi tak hanya dilakukan jelang pemilu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024