Sudah Enam Juta Lebih Turis Asing ke Indonesia

Turis asing di situs cagar budaya Pura Goa Gajah, Gianyar, Bali.
Sumber :
  • Antara/ Nyoman Budhiana

VIVA.co.id –  Presiden Joko Widodo mengungkapkan dalam enam bulan pertama tahun 2017 ini sudah enam juta lebih turis mancanegara yang berkunjung ke Tanah Air. Jumlahnya naik dari periode yang sama tahun lalu.

Parade Kapal Hias-Yacht Mewah di Sabang Marine 2024 Pukau Wisatawan Asing

"Wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia selama Januari-Juni 2017 mencapai 6,48 juta. Naik lebih sejuta wisatawan dibanding periode yang sama tahun lalu," ujar Jokowi dalam laman Facebooknya yang diunggah Sabtu, 5 Agustus 2017.

Menurut Jokowi, para wisatawan asing tak hanya berkunjung ke Indonesia melalui jalur udara dan laut, namun banyak wisatawan datang melalui jalur darat lewat pintu-pintu Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

Kunjungan Wisman ke RI Januari 2024 Jadi yang Tertinggi dalam 4 Tahun

"Juni 2017, ada 162,78 wisatawan mancanegara masuk Indonesia lewat berbagai PLBN yang sebagian telah dibangun megah dan membanggakan. Itu lonjakan kedatangan yang luar biasa 671,71 persen dibanding Juni tahun lalu," ujarnya.

Unggahan status Jokowi itu mendapat beragam tanggapan dari para warganet. Untuk tanda like status mencapai 30.208, komentar sebanyak 2.747, dan status Jokowi di jejaring sosial Facebook mencapai 1.140 yang dibagikan.

Wisatawan Mancanegara Melancong ke RI di 2023 Naik Dua Kali Lipat, Tembus 11,7 Juta

Berikut tanggapan dari sejumlah warganet. "Memang benar Pak, di era Bapak sudah semakin banyak wisatawan datang ke Indonesia. Semoga Indonesia kembali menjadi tujuan wisata dunia," tulis Jenny Erwan.

"Hati2 juga dg para radikalis dan penyelundup ya pak..GBu," tulis Rini Noviani. "Banyak yg datang untuk wisata. mungkin juga banyak untuk bekerja," tulis Ilham Sah. (ren)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno di Kuala Tungkal

Sandiaga Uno Berharap Wisatawan Mancanegara Berkunjung ke Festival Arakan Sahur di Jambi

Sandiaga Uno Berharap Negara Luar Negeri Berwisata Arakan Sahur di Jambi

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024