Barang Wajib Dibawa Traveller Saat Musim Hujan

travelling
Sumber :
  • intoday

VIVA.co.id – Beberapa bulan belakangan ini, di Indonesia sering dilanda hujan, ketika sore menjelang malam. Sangat penting bagi kita para wisatawan untuk membawa perlengkapan barang yang tepat, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ternyata, Liburan Bisa Jadi Bahasa Cinta Baru Para Milenial dan Gen Z

Misalnya saja, telepon genggam yang terkena air hujan, atau pakaian kita basah karena menggunakan ransel untuk berwisata. 

Dilansir dari laman indiatoday, Senin 7 Agustus 2017, salah satu pendiri Wandertrails, sebuah platform online, Narayana Menon K, telah mencantumkan beberapa barang-barang yang penting untuk dibawa saat berlibur ketika musim hujan, yakni:

Hal yang Harus Siapkan Sebelum Liburan, Ketahui Sumber Penyebaran Penyakit di Tempat Wisata

1. Membawa payung atau jas hujan. Wajib juga bagi kalian yang seorang backpacker untuk memiliki ransel anti air.

2. Selalu membawa zip locker bag, tas yang memiliki kunci tersendiri ini akan membatu kalian untuk menyimpan barang-barang berharga kalian seperti dompet, ponsel hingga kamera dan lensanya agar aman.

Ini Pentingnya Memilih Stroller yang Tepat untuk Si Kecil

3. Bawa juga losion anti nyamuk, atau kelambu untuk menghindarkan diri dari gigitan nyamuk pada malam hari, mengingat ketika hujan banyak nyamuk berkeliaran.

4. Dan, yang paling penting adalah membawa air minum. Jika tidak, minumlah air yang memang benar-benar sudah matang. Hal ini juga berlaku untuk makanan, carilah makanan yang memang terjaga kebersihannya.

5. Bawalah baju sintetis ringan yang akan mudah kering.

6. Sendal adalah pilihan terbaik untuk alas kaki di kala hujan.

Di sisi lain, Aloke Bajpai, CEO Travel Search Engine di Ixigo, juga memiliki beberapa rekomendasi yang juga membantu wisatawan saat berpergian ketika musim hujan.

1. Ketika musim hujan, makanan di pinggir jalan sangatlah tidak higienis. Karena itu, bawalah teh herbal sachets dan makanan kemasan. Selain itu, kita juga harus memperhatikan kondisi kemasan air mineral yang dibeli jangan minum air dari botol yang tidak disegel.

2. Selalu bawa kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), hal ini untuk menghindari jika terjadi keadaan darurat.  Pada musim hujan, kemungkinan terkena pilek dan jatuh sakit lebih tinggi dari pada waktu lainnya sepanjang tahun.

3. Jika berencana untuk mengunjungi tempat tujuan baru, selalu cari tau informasi tentang tempat tersebut, mulai dari intensitas hujan yang diterima wilayah ini, dan informasi kontak darurat dari pihak berwenang setempat, sehingga anda tahu bagaimana bisa mendapatkan pertolongan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Dianjurkan untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu untuk memastikan perjalanan yang aman.

4. Bawa selalu power bank untuk mengisi bateri ponsel, sebab kemungkinan pemadaman listrik pada saat hujan lebih besar dibandingkan dengan hari normal.

5. Karena, mungkin akan gelap di awal, simpan senter. Jangan mengandalkan senter ponsel.

6. Ada baiknya membawa beberapa kantong plastik tambahan untuk menjaga agar barang elektronik tetap aman. Mereka juga bisa digunakan untuk menyimpan pakaian basah dan makanan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya