Uniknya Mural di Gereja Assumption Sviyazhsk

Gereja Katedral dan Biara Assumption di kepulauan Sviyazhsk di Russia
Sumber :

VIVA.co.id – Gereja Katedral dan Biara Assumption di kepulauan Sviyazhsk di Russia masuk ke dalam daftar situs warisan dunia Organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa di bidang Pendidikan dan Kebudayaan atau UNESCO. Dengan pulau yang berada di sebuah bukit tinggi di dekat muara sungai Sviyaga dan Volga atau 30 kilometer dari ibukota Tartastan, Kazan dengan luas 62 hektare.

UNESCO Kunjungi Labuan Bajo di Tengah Protes atas Proyek Pembangunan

Dilansir dari situs resmi UNESCO, Selasa 21 Agustus 2017, Pulau Sviyazhsk ditemukan oleh Tsar Ivan the Terrible pada 1551. Biara Assumption dibangun sebagai benteng oleh Tsar Ivan untuk menjadi kota Ortodoks pertama di Middle hingga Sungai Volga.

Biara ini menggambarkan komposisi arsitektur program politik dan misionaris yang dikembangkan oleh Tsar Ivan IV untuk memperluas negara bagian Moskow. Gereja Katedral Assumption ini kemudian dibangun 10 tahun kemudian dari batu.

Ganja Dalam Kuliner? Ternyata ini 8 Fakta Menarik Kota Banda Aceh

Dinding gereja katedral Assumption ini memiliki lukisan mural Orthodoks Barat yang paling langka. Salah satu muralnya, yakni Sbiyazhsk dinilai begitu unik dan bernilai artistik sehingga dianggap langka di dunia.

Komposisi mural yang terkenal adalah "Trinitas Perjanjian Baru" yang terletak di kubah, "Kisah Kenaikan Perawan Maria" di mimbar gereja, dan kisah penyaliban Yesus di salah satu kubah.

7 Fakta Cappadocia, Destinasi Wisata Impian Kinan di Layangan Putus

Selain itu, ada mural, yang dinilai paling unik, yakni "Santo Christopher". Ia digambarkan dengan kepala kuda. Fitur mural lainnya adalah adanya plot yang menggambarkan tempat tinggal di surga.

Saat ini mural-mural tersebut sedang dalam renovasi dan diperkirakan akan selesai selama setahun. Gereja Assumption akan tetap terbuka untuk umum, tetapi aksesnya akan terbatas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya