Jelang Asian Games, Palembang Kembangkan 10 Kampung

Salah satu kampung di pinggiran sungai musi, Palembang. Kampung Kapitan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

VIVA.co.id – Kekayaan alam di Palembang, masih terus diupayakan agar menarik banyak pelancong mancanegara. Salah satunya dengan memfokuskan pada penataan 10 kampung di Palembang.

Kebangkitan Pariwisata Nasional, Kolaborasi Otoritas Wisata Daerah dan UMKM

Dituturkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Irene Sinaga, Palembang menargetkan pelancong dari tiga negara, yakni Malaysia, Singapura, dan China.

"Dari survei kami, negara Malaysia, Singapura, dan China, menjadi pasar yang harus terus kami perkuat. Karena untuk membangun tempat wisata sudah enggak mungkin, kita mencoba untuk menata yang sudah ada," ujar Irene, saat pembukaan sosialisasi wisata di Hotel Novotel, Palembang, Selasa, 22 Agustus 2017.

Dukung Pariwisata Indonesia, ASTINDO Travel Fair Kembali Digelar

Irene menjelaskan, mengembangkan tempat-tempat wisata menarik dimulai dari penataan kampung-kampung yang sudah ada di Palembang. Ia mengaku terdapat 10 kampung yang menjadi fokus pariwisata Palembang.

"Fokus pada 10 kampung yang sudah dimulai sejak 2015 dan direncanakan pada 2018 sudah siap. Ini dilakukan agar saat Asian Games berlangsung, penataan kampung menjadi tempat berwisata yang menarik," ucapnya.

Cita-cita Sandiaga Uno, Mau Bangun Wisata Kelas Dunia di Indonesia

Meski begitu, Irene belum menyebutkan dengan pasti nama perkampungan yang sedang dalam tahap perkembangan. Kendati demikian, ia menjanjikan akan ada peningkatan industri dengan hadirnya penataan pada perkampungan di Palembang ini.

"Penataan untuk pedestrian saja yang sedang kami perkuat di beberapa kampung itu. Ketika masyarakat ditata kampungnya, namanya bisa naik dan membuat industri di sana bisa ramai," katanya.

Persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 terus dikebut. Salah satunya renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno. Bagaimana perkembangannya? Klik di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya