Destinasi New Bali, Danau Toba Bakal Mudah Dijangkau Turis

Dua wisatawan melihat panorama Danau Toba tampak dari kawasan Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Senin (22/8/2016).
Sumber :
  • ANTARA/Irsan Mulyadi

VIVA.co.id – Pemerintah Indonesia terus melakukan pembenahan infrastruktur untuk menjadikan Danau Toba menjadi kawasan destinasi wisata internasional dan menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Danau terbesar di ASEAN ini.

Asupan Mineral Pembalap F1 Powerboat Danau Toba 2024 Terjaga

Salah satunya, memperbaiki fasilitas Bandara Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara menjadi bandar udara berstandar Internasional. Dengan itu, akan memudahkan akses wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba.

"Pemerintahan terus melakukan pembenahan untuk Danau Toba dengan mengubah Bandara Silangit menjadi Bandara Internasional," ungkap Direktur Angkutan Udara, Kementerian Perhubungan, Maria Kristi kepada wartawan di Bandara Kualanamu Internasional Airport di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu malam, 26 Agustus 2017.

Tubuh Manusia Tanpa Kepala Ditemukan di Perairan Danau Toba, Polisi Ungkap Fakta Mengejutkan

Program Presiden Joko Widodo untuk memajukan industri pariwisata terus dilakukan dengan melakukan pembenahan, termasuk di kawasan Danau Toba di Kabupaten Toba Samosir, Samosir, Simalungun dan Karo.

"Kita menjadikan Danau Toba menjadi New Bali. Jadinya, wisatawan mancanegara tidak terfokus dengan Bali saja. Namun, sudah ada Danau Toba sekarang," jelas Maria.

F1 Powerboat Danau Toba 2024, Banyak Perputaran Uang dan Tingkatkan Investasi

Transportasi udara merupakan penghubung bagi wisatawan mancanegara untuk mendatangi setiap lokasi wisata di dunia, termasuk di Danau Toba. Dengan itu, pemerintah segera akan menaikkan kelas Bandara Silangit menjadi Bandara Internasional.

Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Aksesibilitas Udara, Robert Daniel Waloni mengatakan, 80 persen wisatawan lokal dan mancanegara melakukan kunjungan wisata dengan menggunakan jasa transportasi udara.

"Di Indonesia, merupakan negara kepulauan, jadinya wisatawan banyak datang dan berkunjung ke Indonesia menggunakan transportasi udara," kata Robert.

Dia mengharapkan, selain Bandara Kualanamu, Bandara Silangit menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Sumatera Utara dan Danau Toba. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya