Libur Idul Adha, Cek Rekomendasi 6 Tempat Wisata di Bogor

Curug Leuwi Hejo, Surga Tersembunyi di Kawasan Sentul
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Libur panjang Idul Adha akan dimulai besok, beragam ide untuk mengisi libur panjang Idul Adha pasti sudah Anda persiapkan. Ada banyak tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi bersama Anda sekeluarga selama tiga hari ini.

Serunya Main Salju di Jungleland Adventure Bogor, Cuma Rp80 Ribu

Salah satu destinasi yang cukup digemari khususnya bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan di Bogor. Berikut ini, tempat-tempat yang bisa dikunjungi Anda dan sekeluarga selama berada di Bogor.

Menyusuri Kebun Raya Bogor

Libur Lebaran, The Jungle Bogor Siapkan Banyak Promo dan Hadiah

Kebun Raya Bogor ini menjadi salah satu ikon dari kota Bogor. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat jika berada di kawasan ini. Mulai dari bersantai bersama keluarga atau menyusuri berbagai sudut menarik di tempat ini dengan berjalan kaki.

Wisatawan juga dapat mengunjungi adalah Museum Zoologi  yang terletak di area belakang  Laboratorium Treub. Di sini Anda dapat melihat berbagai koleksi flora dan fauna yang diawetkan.

HeHa Waterfall Bogor, Wisata Air Terjun Buatan Pertama dan Terbesar di Indonesia

Selain itu, ada pula Kolam Gunting, di tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan Istana Bogor sambil duduk santai. Bagi pecinta anggrek dapat menyusuri griya anggrek, di sini Anda akan menemukan berbagai spesies anggrek dan anggrek hibrida.

Melongok Hewan Liar di Taman Safari Indonesia

Salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia ini menjadi tempat favorit keluarga untuk pergi berwisata. Di sini Anda dapat memilih dua jenis wisata yakni safari siang atau safari malam.

Jika memilih safari siang Anda akan merasakan berbagai macam pengalaman seru mulai dari berpetualang selama 45 menit menggunakan kendaraan mobil pribadi menyusuri hutan, yang berisi satwa yang hidup bebas. Selain itu Anda dapat menikmati lebih dari 20 wahana permainan, tujuh exhibit satwa, serta sembilan pertunjukan satwa di area rekreasi.

Sedangkan untuk safari malam Anda akan merasakan sensasi melihat kehidupan satwa liar pada malam hari dengan menggunakan open guided tram. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan pertujukan tari api.

Melihat keindahan Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara (TBN) di Cipanas, Cianjur

Di sini wisatawan dapat menemukan berbagai macam jenis bunga, bahkan Anda akan dibuat kagum oleh rangkaian bunga berbentuk seperti hewan. Taman ini memiliki sembilan taman yang terdiri dari Taman air, Taman Rahasia (labirin), Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Palem, Taman Gaya Jepang, yang menawarkan berbagai jenis tanaman yang berbeda di tiap tamannya.

Wisatawan dapat berjalan-jalan menikmati keindahan taman, berpetulangan di taman labirin hingga memberikan makan angsa, bebek dan flaminggo, yang berada di danau Taman Bunga Nusantara ini.

Berbelanja di kawasan Tajur

Tak lengkap rasanya jika ke Bogor jika tidak mengunjungi kawasan Tajur. Kawasan ini dikenal sebagai salah satu spot wisata belanja, khususnya untuk tas dan sepatu.

Tak hanya berbelanja saja di kawasan Tajur, Anda sekeluarga pun dapat mengunjungi taman wisata Sumber Karya Indah (SKI). Terletak di kawasan seluas sekitar 34 hektare, dan dikelilingi pohon rindang, tempat wisata Belanja SKI Tajur Bogor ini menyediakan berbagai jenis permainan menantang, seperti flying fox, atau bungee trampolin, atau bisa memainkan permainan bola air atau perahu dayung.

Menikmati wisata kuliner di sepanjang jalan Surya Kencana

Terletak di seberang pintu masuk Kebun Raya Bogor, kawasan ini terkenal dengan beragam wisata kuliner terkenal khas Bogor. Mulai dari tauge goreng yang letaknya berada di seberang restoran Ngohiang, Soto Mie Agih hingga Soto Kuning Pak Yusuf.

Menghirup udara segar di Air terjun Leuwi Hejo dan air terjun Barong

Ilustrasi wisata alam Bogor.

Air terjun Leuwi Hejo yang terletak di Desa Karang Tengah ini memiliki air yang berwarna biru kehijauan. Di sekitarnya, tumbuh pohon rimbun. Menjadikan pemandangan di tempat ini kian eksotis.

"Area di air terjun ini telah telah melakukan pemugaran selama delapan bulan. Semenjak itu banyak sekali pengunjung datang ke tempat ini. Untuk memasuki lokasi air terjun bisa melewati dua desa dari Desa Cibadak dan Desa Karang Tengah," ujar Hasan selaku pengelola Air Terjun Leuwi Hejo.

Jarak antara Air Terjun Barong dari Leuwi Hejo sekitar 300 meter. Sama seperti Leuwi Hejo, untuk menuju lokasi Air Terjun Barong, pengunjung akan menemukan beberapa kendala. Misalnya jalan setapak yang terjal yang di mana dikelilingi dengan tebing dan jurang.

Tiba di Air Terjun Barong, pandangan kami tak bisa lepas dari indahnya karya Tuhan ini. Namun, ketika itu air cukup deras sehingga pengunjung hanya bisa bermain di sisi atau di bagian depan air terjun yang kondisinya lebih tenang.

Sekadar diketahui, sebagian besar air terjun ini dikelola warga setempat namun tetap dipantau oleh bagian Perhutani Pemda Bogor. Rata-rata mata pencarian warga adalah bertani mengingat lokasi daerah tersebut berada di kaki gunung dengan kontur tanah yang subur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya