Bali Bakal Jadi Destinasi Rutin Kapal Pesiar

Penari tradisional Bali menyambut penumpang kapal pesiar MS Volendam.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA.co.id – Bali Utara kini menjadi destinasi wisata kapal pesiar, yang membawa ribuan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Dream Cruise, adalah salah satu kapal pesiar mewah, yang secara berkala akan menyambangi Bali selama 2017-2018.

KIRANA Group Mengubah Lanskap Pariwisata Bali dengan Inisiatif Baru

Jadwal perdana Dream Cruise berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng, pada pertengahan Desember 2017. Rencananya kapal pesiar itu akan berlabuh dua kali dalam sebulan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap wisata kapal pesiar segera berkembang di Indonesia. Ia mengatakan pengembangan destinasi wisata untuk kapal pesiar di Bali Utara akan dipercepat, agar pertumbuhan ekonomi di Bali semakin merata.

Pemkot Denpasar Harapkan Penghargaan Tingkatkan Sektor Pariwisata dan Kebudayaan Kota

"Celukan Bawang sudah siap, daerah lain masih perlu pendalaman dan menyiapkan terminal untuk wisatawan," kata Menpar dalam siaran persnya yang diterima VIVA.co.id, Senin, 4 September 2017.

Ia mengatakan, data Cruise Line International Association menunjukkan sekitar 172 kapal pesiar yang singgah di pelabuhan-pelabuhan Indonesia. Menurutnya, Indonesia memang memiliki faktor iklim yang menguntungkan untuk mengembangkan wisata kapal pesiar.

Sindiran Menohok Pemprov Bali ke Filipina Usai Comot Pemandangan Sawah Ubud

"Indonesia punya suhu yang hangat sepanjang tahun. Pantainya juga bagus, budaya, dan makanannya juga lengkap," ujar Arief.

Penasihat Khusus Menteri Pariwisata, Indroyono Soesilo, mengatakan, dengan berlabuhnya kapal pesiar, yang membawa ratusan penumpang, maka destinasi wisata  di Bali Utara, seperti Pantai Lovina, Danau Beratan, Kebun Raya Bedugul, Taman Nasional Bali Barat, Pulau Menjangan juga akan dapat dioptimalkan. Serta membuka kemungkinan pengembangan destinasi-destinasi baru di kawasan tersebut,

Ilustrasi wisatawan asing

Dinas Pariwisata Bali Gencar Antisipasi Kejahatan dan Gangguan Wisatawan

Selama tahun 2023, lebih dari 5 juta wisatawan asing (wisman) berkunjung ke Provinsi Bali, jumlah ini melebihi yang ditargetkan Dinas Pariwisata Bali.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024