Tour De Singkarak 2017 Bakal Lewat Rute Solok Selatan

Ilustrasi Tour de Singkarak
Sumber :

VIVA.co.id – Walau sempat terancam batal untuk kedua kalinya dilewati akibat banyaknya ruas jalan yang rusak, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, memastikan rute Kabupaten Solok Selatan bakal kembali dapat digunakan untuk ajang pariwisata olahraga Tour De Singkarak (TDS) 2017. Acara tersebut akan diselenggarakan pada 18 hingga 26 November 2017 mendatang.

Pembalap Australia Juara Umum Tour de Singkarak 2019

Gelaran TDS ke-9 akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp2,3 Miliar. Para peserta akan memakan jarak tempuh sepanjang 1.150 kilometer, yang dibagi menjadi sembilan etape selama sembilan hari dengan grand opening di Tanah Datar, dan grand finish di Kota Bukittinggi.

Kepastian ikut sertanya Kabupaten Solok Selatan dalam gelaran sport tourism berskala internasional ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit.

Etape IX Tour de Singkarak, Penentuan Juara Umum

Saat ini, kata Nasrul, tender untuk pengerjaan perbaikan ruas jalan di Kabupaten Solok Selatan sudah dilakukan. Bahkan, proses perbaikan juga sudah dikerjakan dan ditargetkan akan rampung sebelum TDS 2017 dihelat.

"Pengerjaan ruas jalan yang rusak sudah dikerjakan. Kita targetkan dalam waktu dekat akan selesai, dan dapat digunakan sebagai salah satu rute TDS 2017," kata Nasrul, Selasa 5 September 2017.

Dampak Positif Perluasan Jalur Tour de Singkarak ke Jambi

Lanjut Nasrul, agar target itu tercapai, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, agar pengerjaan jalan Solok Selatan dipantau langsung oleh Pemerintah Pusat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumatra Barat, Oni Yulfian menyebutkan, hingga saat ini pihaknya tetap memasukkan Kabupaten Solok Selatan ke dalam kalender rute yang dilalui Tour de Singkarak 2017. Tak hanya itu saja, tim penilai dari pusat yang terdiri dari Kementerian Pariwisata didampingi oleh Dinas PUPR provinsi sebelumnya juga sudah melakukan tinjuan lapangan.

Bahkan, dari hasil tinjauan itu, Dinas PUPR menyanggupi untuk merampungkan segera perbaikan jalan sebelum Tour de Singkarak 2017 dibuka. "Kami masih optimis Solok Selatan masuk. Sudah disurvei kok. Kita berdoa, mudah-mudahan tidak ada kendala," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya