Monumen Peperangan Lima Hari Lima Malam Melawan Belanda

Monumen Perjuangan Rakyat di Palembang, Sumatera Selatan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aji YK Putra

VIVA.co.id – Pariwisata Palembang, Sumatera Selatan mungkin selama ini hanya dikenal Jembatan Ampera atau wisata kuliner empek-empek. Namun, sebuah bangunan bersegi lima ternyata memiliki daya tarik wisata kota Palembang yang cukup menarik.  

Wisata di Palembang yang Bisa Dilakukan dalam Satu Hari

Monumen Perjuangan Rakyat atau disingkat Monpera menjadi daya tarik wisata sejarah di Palembang. Bangunan megah yang berada persis di samping Jembatan Ampera ini tersimpan beberapa catatan sejarah perjuangan warga Palembang untuk menumpas penjajahan Belanda. Rakyat Palembang berperang selama lima hari lima malam tanpa henti melawan Belanda pada 1 Januari 1947 silam.

Bentuk bangunan Monpera yang persegi lima menyerupai bunga melati berkelopak, dan memiliki makna suci bagi para perjuangan para pahlawan masa itu. Monpera sendiri memiliki sembilan lantai. Di setiap sudut dan dinding lantai, terdapat foto dan lukisan massa penjajahan dan peperangan Belanda.

Tarik Minat Wisatawan, Walikota Hadirkan Delman di Palembang

Koleksi lukisan di Monumen Perjuangan Rakyat di Palembang, Sumatera Selatan

Bahkan, alat perang yang digunakan warga Palembang untuk meraih kemerdekaan juga terpajang di dalam ruangan. Selain itu pengunjung disuguhkan cerita soal sejarah perang di Palembang.

Jadi Tuan Rumah Asian Games, Ini Deretan Destinasi Wisata Palembang 

Koleksi Senjata Monumen Perjuangan Rakyat, Palembang

Lantai paling atas juga menyuguhkan pemandangan untuk melihat kota dari atas. Di sini, para kawula muda pun sering memanfaatkan untuk ber-swafoto ria dari atas Monpera.

Pemandangan Kota Palembang di atas Monumen Perjuangan Rakyat

Petugas jaga Monpera, Adenan mengatakan, dulu Monpera hanya sebuah monumen, tapi kini ada penambahan ornamen lambang negara disematkan di gedung tersebut. Tak hanya warga sekitar, wisatawan dari luar daerah juga pernah berkunjung ke sini untuk mengetahui sejarah perjuangan melawan Belanda.

"Banyak lukisan tokoh pejuang di sini. Sehingga para pengunjung bisa mengetahui sejarah perjuangan warga Palembang untuk mengusir penjajah belanda," kata Adenan, Rabu 6 September 2017.

Monumen Perjuangan Rakyat di Palembang, Sumatera Selatan

Untuk menikmati wisata di Monpera sendiri tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Tiket masuk dipatok dengan harga beragam. Untuk pelajar atau anak-anak tarifnya Rp1.000, mahasiswa Rp2.000, umum Rp5.000 dan wisatawan mancanegara Rp20 ribu.

Lokasi Monpera berada di pusat Kota Palembang dan dikelilingi objek wisata lainnya. Monpera di keliling Bundaran Air Mancur Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, dan Masjid Agung Palembang.

Koleksi lukisan di Monumen Perjuangan Rakyat di Palembang, Sumatera Selatan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya