Strategi Dubai Merevolusi Industri Pariwisatanya

Dubai Tourism Board berkolaborasi dengan GITEX Future Stars
Sumber :
  • Dokumen Dubai Tourism Board

VIVA.co.id – Meski dikenal dengan destinasi–destinasi wisatanya yang spektakuler, Dubai belum berhenti menggali ide–ide brilian yang bisa merevolusi industri pariwisatanya. Untuk membidik 20 juta wisatawan dunia di tahun 2020, negeri di Timur Tengah ini menggelar kompetisi startup berkelas internasional.

Menengok Kemeriahan Dubai Menjelang Idul Adha

Gelaran ini merupakan kolaborasi Dubai Tourism Board dengan GITEX Future Stars yang bertajuk  Dubai Tourism Startup Competition–Futurism. Mereka mengundang inovator dari seluruh dunia untuk mengirimkan ide dan rencana bisnis mereka. Tiga pemenang kategori perhotelan dan visitor experience akan mengantongi hadiah total US$100 ribu sebagai modal usaha.

Dalam keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, Rabu 6 September 2017, Direktur Eksekutif Tourism Development & Investments, Department of Tourism & Commerce Marketing Dubai Tourism Board, Yousuf Lootah berharap, kompetisi yang dilakukan untuk pertama kalinya ini bisa terus mendorong pemikiran kritis dan menawarkan wadah bagi perusahaan–perusahaan rintisan meraih sukses.

Lompat Dari Ketinggian 14 Ribu Kaki di Dubai, Berani Coba?

"Startup memiliki peran penting, bukan hanya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, tapi juga menciptakan solusi dan memenuhi kebutuhan yang terus berevolusi dan mengatasi kesenjangan industri," kata Yousuf.

Berkolaborasi dengan GITEX, Yousuf berharap bisa mendorong kewirausahaan ke depan, sekaligus berkomitmen membangun lingkungan yang membantu memupuk ide inovatif. Kompetisi ini juga sejalan dengan inisitif Dubai 10X seperti yang dicanangkan Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Yang salah satu visinya menjaring 20 juta pengunjung di 2020.

Keseruan Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia Jelajahi Dubai

Dijelaskan, kompetisi The Futurism memiliki dua kategori pilar utama, yakni perhotelan dan visitor experience. Nantinya setiap individu dan startup dapat mendaftarkan ide inovatif dan rencana bisnis mereka. Setiap ide akan dinilai para ahli dan 30 perusahaan terpilih akan mendapatkan ruang pameran pada GITEX Technology Week yang direncanakan berlangsung di Dubai pada 8-12 Oktober 2017. Mereka berkesempatan menunjukkan solusi inovatifnya di depan konglomerat, investor dan penanam modal. Tiga pemenang terpilih, selain mendapat hadiah uang, juga mendapatkan akses bertemu para ahli Dubai Tourism dan kalangan industri.

"Dubai telah lama menjadi pemimpin dunia dalam bidang teknologi dan pariwisata, membuat kota ini menjadi lokasi ideal untuk meluncurkan kompetisi teknologi travel global yang dipastikan dapat meningkatkan cara individu berpergian dan mendukung pariwisata Dubai," kata Wakil Presiden Senior, Events Management, Dubai World Trade Centre Trixie LohMirmand.

Pendaftaran kompetisi ini telah dibuka dan diterima hingga awal September. Untuk pendaftaran secara online, calon peserta bisa mengunjungi www.gitexfuturists.com/compete/dubai-tourism-competition

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya