Mitos Pacaran Putus Jika Berduaan di Bukit Cinta

Lokasi swafoto dengan latar Gembok Cinta dan danau Rawa Pening di kawasan wisata Bukit Cinta di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id - Banyak tempat untuk menikmati keindahan Danau Rawa Pening di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Salah satu lokasi favorit wisatawan adalah kawasan Bukit Cinta. 

Libur Panjang Imlek, Intip 4 Wisata Menarik di Semarang Bernuansa Pecinan

Penamaan Bukit Cinta telah ada sejak zaman kolonial Belanda. Awalnya kawasan bukit itu menjadi lokasi gardu tanaman eceng gondok yang banyak tumbuh di Rawa Pening. Belanda membangun gardu itu sebagai pusat mengontrol pembangkit listrik. 

Seiring perkembangannya, kawasan gardu itu menjadi tempat favorit kawula muda untuk lokasi pacaran. Lalu disebutlah Bukit Cinta. Bahkan sejumlah mitos muncul di kawasan bukit dengan objek indah danau penuh legenda itu. Salah satu mitos adalah putusnya pasangan kekasih setelah berduaan mengunjungi Bukit Cinta. Mitos itu belum sepenuhnya teruji, karena kawasan itu tetap ramai dipadati pasangan anak muda. Namun kepercayaan itu masih lestari hingga kini.

Mau Wisata ke Kota Lama dan Lawang Sewu Semarang? Naik Kereta Cuma Rp10 Ribu

Lestari Mitos Pacaran Putus kalau Berduaan di Bukit Cinta

FOTO: Lokasi swafoto dengan latar Gembok Cinta dan danau Rawa Pening di kawasan wisata Bukit Cinta. (VIVA.co.id/Dwi Royanto)

Cantiknya Jembatan Kaca Tinjomoyo Semarang, Kapan Dibuka?

Legenda Rawa Pening telah tenar di benak semua orang. Kemunculan danau seluas 2.600 hektare dipercaya tak lepas dari kisah legenda Baru Klinthing. Ceritanya bermula dari anak jelmaan naga yang mencabut sebuah lidi. Lalu bekas cabutan muncul sebuah sumber mata air yang mengakibatkan banjir dan menenggelamkan sebuah desa sehingga membentuk rawa cantik yang sampai kini disebut Rawa Pening.

Terlepas dari cerita itu, Pemerintah Kabupaten Semarang kini terus menata kawasan danau dan sekitarnya menjadi wisata yang memesona. Salah satunya fasilitas yang dibangun di kawasan Bukit Cinta seluas dua hektare ini. Seperti taman-taman dengan pohon nan rindang. Dari taman di ketinggian itu, pengunjung akan terhipnotis pemandangan elok danau, khususnya saat sore.

Ada juga wahana swafoto baru di lokasi dengan latar belakang danau Rawa Pening. Wahana baru diberi nama Gembok Cinta yang menjadi lokasi favorit pasangan muda-mudi menyematkan cintanya. Memasuki kawasan danau, pengunjung juga dapat memancing ikan, berperahu mengelilingi danau melihat eloknya pemandangan Gunung Merbabu serta Gunung Telomoyo.

Lestari Mitos Pacaran Putus kalau Berduaan di Bukit Cinta

FOTO: Salah satu lokasi favorit wisatawan di kawasan wisata Bukit Cinta di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. (VIVA.co.id/Dwi Royanto)

Aji, seorang pengunjung, mengaku wahana Gembok Cinta di kawasan Bukit Cinta kini menjadi favorit pengunjung. Lokasi baru yang dibangun di awal tahun itu tak pernah sepi didatangi kawula muda.

"Saya tahu dari media sosial. Penasaran juga akhirnya datang. Ternyata bagus untuk berfoto selfie (swafoto)," ujar warga asal Kendal itu baru-baru ini.

Tiket masuk di kawasan wisata Bukit Cinta Rawa Pening cukup terjangkau. Pada hari biasa hanya Rp6.000 per orang dan khusus hari libur Rp7.500 per orang. Tepat sebelum gardu tiket masuk, pengunjung juga dimanjakan sejumlah lokasi berbelanja, khususnya produk-produk asli daerah serta hasil kerajinan eceng gondok yang tumbuh di kawasan danau Rawa Pening.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya