Jangan Lakukan 7 Kesalahan Ini saat Berlibur

Ilustrasi-Berlibur
Sumber :
  • Pixabay/Engin_Akyurt

VIVA.co.id – Banyak dari kita yang ingin melakukan perjalanan wisata berharap mendapatkan pengalaman unik saat menjelajahi tempat baru. Namun, terkadang banyak dari keinginan tersebut berakhir tak terpenuhi, karena kurangnya dana dan jadwal perjalanan yang padat.

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

Kegagalan itu pun sering membuat liburan kita berantakan. Salah satu pembawa acara TV, Fun Taiwan, Janet Hsieh, menyebutkan ada beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan oleh orang saat bepergian.

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan namun tidak sering disadari, seperti dilansir dari laman Indiatoday, Selasa 12 September 2017.  

Gak Perlu Ribet Lagi! Traveling ke Bali Kini Makin Dipermudah

1. Terlalu berpedoman pada rencana yang dibuat.

Ini mungkin salah satu faktor paling umum yang cenderung memengaruhi pengalaman perjalanan kita. Waktu berlibur yang singkat dan dana yang terbatas membuat kita tidak dapat mengeksplorasi tempat wisata secara maksimal.  

300 Ribu Wisatawan Indonesia Diprediksi Bakal Kunjungi Korea di 2024, Ini Kata KTO

2. Kurangnya rasa ingin tahu

Jangan datang ke suatu tempat baru hanya untuk melakukan hal yang sama atau makan menu yang sama. Eksplorasi tempat baru pada destinasi wisata yang dikunjungi.

3. Kurangnya keinginan untuk mengeksplorasi kehidupan lokal

Sebagian besar dari kita akhirnya menjadi turis yang hanya mengunjungi atraksi yang terdaftar atau makan di kafe yang populer di tempat itu. Padahal kita bisa tahu potensi tempat-tempat tersebut jika kita dapat menanyakan langsung kepada warga setempat.

"Mulailah percakapan, tanya mengenai arah, dapatkan saran untuk restoran setempat. Mintalah seorang lokal berfoto untuk Anda,'' kata Hsieh.

4. Terlalu banyak mengambil gambar

Semakin meningkatnya kegemaran seseorang dalam mengambil gambar dan mengabadikannya dalam akun media sosial pribadi membuat orang lebih terobsesi untuk mendapatkan gambar yang baik untuk di-posting.

"Sebaiknya kita dapat merasakan secara langsung momen-momen berharga tersebut," ucap Hsieh.

5. Terlalu banyak bawa barang bawaan

Kita sudah familiar dengan kerumitan seperti ini dan inilah saatnya kita belajar dari kesalahan kita. Bawalah barang-barang yang Anda butuhkan saja.

''Anda bisa menggunakan pakaian dua kali. Anda pun dapat mencuci celana jika Anda sudah kehabisan stok celana. Sangat menyenangkan berbelanja di pasar lokal, dan melihat produk atau pakaian yang dipakai oleh orang lokal," kata Hsieh.

6. Tidak adanya bukti pemesanan

Ada baiknya Anda dapat mencetak beberapa bukti pemesanan baik berupa tiket perjalanan atau kamar hotel. Ini dimaksudkan untuk menghindari sulitnya sinyal data pada suatu daerah, ketika Anda melakukan pemesanan secara online.

"Ini akan memudahkan untuk menemukan kamar yang Anda tempatkan atau jumlah pemesanan Anda. Karena itu melindungi Anda dari kesulitan dalam mengakses informasi penting semacam itu,'' kata seorang traveler Lan Nguyen Ngoc.

7. Kurangnya tabungan

Hal yang paling penting dalam melakukan perjalanan wisata adalah melakukan perencanaan sebelumnya, ini pun membantu Anda sehingga Anda tidak meminjam uang dari orang lain.

''Dalam kebanyakan kasus, Anda akan menemukan orang-orang bepergian tidak memiliki cukup uang untuk memenuhi jumlah tagihan mereka. Jangan lupa pula untuk memiliki asuransi perjalanan, dimaksudkan untuk memastikan bahwa Anda tidak harus berurusan dengan biaya darurat seperti biaya yang timbul karena masalah medis,'' kata Nguyen Ngoc. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya