Tiba di Indonesia, Panda Raksasa Disiapkan Rumah Khusus

Giant Panda tiba di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Isra Berlian

VIVA.co.id – Hari ini sepasang Giant Panda (Ailuropoda Melanoleuca) tiba di Indonesia. Sepasang Panda yang bernama Cai Tao (Jantan) dan Hu Chun (Betina) akan ditempatkan di Taman Safari Indonesia di Cisarua, Bogor.

Taman Safari Indonesia Dilirik India

"Kita negara ke-16 yang menerima Panda ini. Dengan adanya kedua Panda ini, nantinya orang Indonesia tidak perlu jauh-jauh ke China untuk melihat Panda, tapi bisa melihatnya di Taman Safari Cisarua, Bogor," ungkap Chief Executive Officer (CEO) Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang dalam acara penyambutan kedatangan sepasang Giant Panda, Cai Tao dan Hu Chun di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta, Kamis 28 September 2017.

Ia menjelaskan, kedua Panda ini akan dibuat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga merasa seperti di negara asalnya.

Main ke Penangkaran Harimau Sumatera di Taman Safari Bogor, Ada Bank Spermanya!

Taman Safari telah menyiapkan sarana dan prasarana berupa Rumah Panda dengan luas kurang lebih 4.800 meter persegi yang terletak di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Lingkungan alam ini telah dibuat mirip, meniru habitat alami Panda ini, dengan suhu harian yang mencapai 15 hingga 24 derajat celsius.

"Rumah ini sekaligus sebagai tempat pakan Giant Panda berupa kebun berisi 20 jenis bambu seluas 10 hektare. Secara teknis fasilitas ini telah memenuhi syarat habitat Giant Panda," jelasnya.

Ada Rumah Sakit Hewan Terbesar Se-Asia Tenggara di Taman Safari Bogor, Yuk Jenguk Penghuninya!

Setibanya kedua Panda tersebut di terminal kargo sekitar pukul 09.45 WIB, hewan menggemaskan tersebut langsung menjalani proses karantina selama sebulan ke depan. Setelah selesai masa karantina, hewan pemakan bambu tersebut dapat disaksikan oleh masyarakat.

"Setelah sebulan, diharapkan kalau bisa Oktober, ya saat itu, ya bisa, kalau bisa cepat kenapa tidak," tuturnya.

Untuk melihat Panda ini, pengunjung nantinya akan dikenakan biaya tiket masuk.

"Ya sekitar puluhan ribu tapi di bawah seratus ribu. Karena kami sediakan shuttle bus, untuk sampai ke tempat Panda karena ada di daerah perbukitan," ujarnya.

Sebelumnya, informasi kedatangan Panda ini sempat diramaikan saat acara Garuda Travel Fair 2017 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pihak Taman Safari Cisarua ketika itu mengabarkan, akan menghadirkan sepasang Panda dalam waktu dekat.

"Sebelumnya memang dijadwalkan pada 2016 datang, namun sempat diundur," ungkap Sales Marketing Taman Safari Bogor, Winda saat ditemui VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya