Menjelajahi Pantai Sukamade, Surganya Penyu Indonesia

Pantai Sukamade
Sumber :
  • banyuwangitourism.com

VIVA.co.id – Banyuwangi menjadi salah satu daerah wisata yang tengah hits di kalangan wisatawan nusantara. Sebab daerah yang terletak di bagian timur Pulau Jawa ini memiliki keindahan alam dan budaya yang menarik untuk dinikmati.

Plesiran ke Daerah Jawa Timur, Ini Daftar Tempat Kece di Banyuwangi

Api abadi (blue fire) di Gunung Ijen menjadi salah satu daya tarik utama daerah ini. Tapi tak hanya itu, masih banyak destinasi lainnya yang bagus untuk dijelajahi.

Salah satu wisata yang bisa didatangi adalah Pantai Sukamade. Pantai yang terletak di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini paling sering dikunjungi terutama pada malam hari untuk menikmati pemandangan kedatangan penyu-penyu untuk bertelur.

Banyuwangi, Pesona Ujung Timur Pulau Jawa yang Menawan

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi, M.Y. Bramuda yang ditemui VIVA.co.id mengungkapkan bahwa setiap malam penyu-penyu itu akan menghampiri pantai Sukamade. Sebab pantai ini merupakan salah satu daratan yang sering didatangi oleh tujuh dari 11 jenis penyu di antaranya penyu lekang, penyu sisik dan penyu belimbing.

"Kalau di mana-mana ada musimnya bertelur, tapi ini setiap hari akan muncul. Makanya banyak wisatawan datang ke sana untuk melihat langsung penyu besar itu bertelur dan ke darat. Itu bisa diabadikan langsung saat bertelur," tutur dia.

Pesona Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi, Dapat Penghargaan ISTA 2019

Selain melihat penyu, wisatawan juga dapat melihat beberapa satwa seperti banteng. Setelah dari sana, Anda pun dapat melihat Green Bay atau Teluk Hijau. Teluk ini menyuguhkan pemandangan air dari atas tebing pantai yang sangat indah dengan warna air biru kehijauan.

"Ini unik sekali dan kalau kita lihat, nanti ada tebing tinggi seperti di Thailand. Ini sangat luar biasa, dan masih alami sekali," ujar Bramuda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya