Sensasi Negeri Atas Awan di Bantir Hills Semarang

Wisata Bantir Hills di kabupaten Semarang
Sumber :

VIVA.co.id – Julukan negeri atas awan disematkan untuk wisata dataran tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Namun di Kabupaten Semarang, sebuah obyek wisata juga memiliki sensasi yang sama bak berada di negeri atas awan.

Libur Panjang Imlek, Intip 4 Wisata Menarik di Semarang Bernuansa Pecinan

Destinasi tersebut adalah Bantir Hills di Jalan Bantir desa Losari, kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Wisata perbukitan yang terbilang baru itu menyuguhkan segudang pemandangan indah dari ketinggian kawasan Gunung Ungaran.

Sejumlah spot selfie instagenik dibangun di puncak kawasan ini. Mulai dari bintang, matahari, kupu-kupu, aneka bunga, rumah pohon, serta sejumlah gardu pandang dengan rindang pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Sejumlah gunung di Jawa Tengah juga terlihat seperti Gunung Merbabu, Sumbing dan Gunung Merapi.

Mau Wisata ke Kota Lama dan Lawang Sewu Semarang? Naik Kereta Cuma Rp10 Ribu

Yang paling menarik adalah tulisan raksasa atas bukit berbunyi Bantir Hills yang jadi primadona pengunjung. Sensasi berswafoto di tempat tersebut tak kalah seperti berada di Hollywood satu spot menarik negeri Paman Sam Amerika Serikat. 

Akses menuju kawasan Bantir Hills pun cukup mudah. Pengunjung hanya harus menaiki kawasan desa Losari dan terus naik ke atas puncak mengikuti petunjuk arah. Namun demikian dari kawasan parkir hingga puncak sejauh 1,5 kilometer harus dilalui dengan jalan setapak.

Cantiknya Jembatan Kaca Tinjomoyo Semarang, Kapan Dibuka?

Tapi rasa capek dijamin hilang karena di tengah perjalanan mendaki, pengunjung akan disajikan hijaunya lahan pertanian serta petani sayuran yang silih berganti naik turun dari ladang mereka.

Ihwan, salah seorang pengelola Bantir Hills menyebut, kawasan wisata tersebut baru dikelola pada awal Tahun Baru 2017. Sebelumnya kawasan itu hanya hutan pinus dan bukan menjadi destinasi wisata.

"Yang mengelola kelompok sadar wisata desa. Pemandangan yang kami tawarkan tak kalah dari Dieng. Ibaratnya negeri atas awan kedua, " kata Ihwan kepada VIVA.co.id,  Minggu, 1 Oktober 2017.

Pengelola wisata setempat juga memberikan tarif murah untuk menuju wisata baru tersebut. Yakni tiket Rp5.000 dan parkir Rp2.000. Bagi para traveler, tak ada salahnya berkunjung ke destinasi baru di Kabupaten Semarang ini sembari menyusuri wisata alam lain, seperti Candi Gedong Songo, Umbul Mukti, serta sejumlah air terjun di sekitarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya