Rekomendasi Wisata Alam Kekinian di Tasikmalaya

Situ Gede, Tasikmalaya
Sumber :
  • Instagram

VIVA.co.id – Jawa Barat menyimpan segudang destinasi wisata yang selalu menarik perhatian. Beragam wisata dapat ditemukan mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga budaya dapat ditemukan di Tanah Pasundan ini.

5 Objek Wisata Tasikmalaya yang Menarik Disambangi

Tapi sebagian dari kita, menganggap ikon wisata Jawa Barat adalah Bandung. Padahal bukan hanya Bandung yang memiliki beragam destinasi wisata.

Oleh karenanya, tak salah untuk melirik tanah timur pasundan, yakni Tasikmalaya, sebagai destinasi wisata. Meski terkenal di bidang kerajinan, pemerintah kota Tasikmalaya pun kini tengah menjadikan Tasikmalaya sebagai kota tujuan wisata di Priangan Timur.

Pasir Kirisik, Wisata Alam Ala Puncak? Terbaru di Tasikmalaya

Lalu, destinasi apa saja yang bisa dijelajahi di tanah Priangan Timur ini? Berikut ini beberapa potensi destinasi wisata Tasikmalaya.

1. Situ Gede

Kampung Lengo yang Indah Penuh Warna di Tasikmalaya
 

Sampai jumpa kawanku,semoga kita selalu,menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan~

A post shared by TatangMulyana (@tatangmlyna) on

Salah satu tempat wisata alam yang potensial yaitu Situ Gede, sebuah danau yang terletak di Kecamatan Mangkubumi, Tasikmalaya. Situ Gede memiliki panorama alam yang indah dengan luas sekitar 47 hektare berfungsi sebagai penampungan air . Fasilitas yang tersedia antara lain adalah rakit, perahu bermotor, gazebo dan jogging track.

Kegiatan yang bisa dilakukan di sini antara lain, memancing dan makan bersama dengan nuansa alam Situ Gede. Di tengah situ terdapat Nuansa, dengan luas lebih satu hektare, di mana terdapat makam Eyang Prabudilaya, tokoh Islam yang disegani di Tasikmalaya.

2. Situ Cibeureum

Situ Cibeureum terletak di Kelurahan Tamanjaya, Kecamatan Tamansari Tasikmalaya. Penamaan Situ Cibeureum menurut masyarakat sekitar, dikarenakan pada masa lalu air di Situ ini berubah warna menjadi kemerahan, sehingga namanya menjadi Situ Cibeureum (air merah).

Situ ini sebenarnya menyimpan potensi yang bagus untuk dijadikan objek wisata andalan, seperti Situ Gede. Akan tetapi sampai saat ini pengelolaannya belum berjalan optimal. Jika anda mengunjungi Situ Cibereum Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti mancing, foto berkemah atau berjalan-jalan mengelilingi situ.

3. Curug Tonjong

Curug Tonjong terletak di Desa Cipuesing, Kelurahan Setiawargi, Kecamatan Tamansari, Tasikmalaya. Curug ini memiliki bentuk seperti undakan-undakan yang tersusun dari batuan yang tingginya 2- 5 Meter . Terdapat dua curug di lokasi ini dengan jarak masing-masing curug 500 meter.

Air di Curug Tonjong berasal dari Sungai Cibangbay. Di sini Anda dapat merasakan ketenangan jiwa ketika mendengar gemercik air, dan rimbunnya pepohonan di sekitar curug yang masih alami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya