Bunga Bangkai Mulai Mekar di Kebun Raya Bogor

Bunga bangkai Amorphophallus Titanium di Kebun Raya Bogor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ayatullah Humaeni (Bogor)

VIVA – Bunga bangkai atau yang dikenal dengan Amorphophallus Titanium yang ditanam di dalam pot, akhirnya berhasil mekar di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Bunga yang juga disebut Titan Arum ini menjadi magnet kepada para pengunjung KRB yang hendak berwisata, karena bunga tersebut terbilang langka.

Momen Warga Kelindas Sepeda Paspampres Saat Hendak Selfie dengan Jokowi

"Ketinggian bunga bangkai ini mencapai 200 sentimeter dengan diameter 114 sentimeter," ucap Dian Latifah, peneliti konservasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Bogor, Senin 6 November 2017.

Ia mengatakan, bunga bangkai ini merupakan salah satu jenis tumbuhan asal araceae atau talas-talasan. Dan bunga ini hanya ada di Pulau Sumatera, yang tersebar dari Aceh hingga Lampung. Bunga bangkai tersebut berhasil tumbuh dan mekar di dalam pot ini, merupakan hasil eksplorasi penelitian LIPI di kawasan hutan lindung Lampung.

Kenalan Sama 2 Panda Raksasa, Duta China untuk Indonesia di Taman Safari Bogor

"Sampai saat ini, kami masih terus melakukan observasi dan memantau perkembangan bunga bangkai raksasa ini," ujar Dian.

Kata dia, status bunga tersebut rawan penurunan populasi. Sehingga, pihaknya akan fokus pada penelitian teknik budidaya bunga bangkai dalam pot dalam hal fenologi, genetik, dan induksi pembungaan.

Jokowi Warmly Welcomes Japanese Emperor Naruhito at Bogor Palace

“Kami juga akan mengedukasi kepada masyarakat tentang perbedaan bunga bangkai Rafflesia dan bunga bangkai Amorphophallus Titanium,” katanya. (asp)

HeHa Waterfall Bogor.

HeHa Waterfall Bogor, Wisata Air Terjun Buatan Pertama dan Terbesar di Indonesia

HeHa Waterfall Bogor menyajikan konsep wisata luar ruang dan modern. Tempat ini menjadi wisata air terjun buatan pertama dan terbesar di Indonesia hingga dapat rekor MURI

img_title
VIVA.co.id
26 Oktober 2023