Menyisir Eksotisme Surga Mangrove Karimunjawa

Wisatawan berfoto di hutan Mangrove Karimunjawa
Sumber :
  • Viva.co.id/Dwi Royanto

VIVA – Menjelajah surga wisata di Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, memang tak ada habisnya. Selain beragam wisata laut, Karimunjawa juga memiliki eksotisme hutan Mangrove patut untuk dikunjungi.

Polisi Temukan 2 Mayat Pekerja Konstruksi Korban Runtuhnya Jembatan Baltimore

Hutan Mangrove Karimunjawa terletak di Desa Kemujan. Luas kawasan hutan tanaman penahan abrasi sendiri seluas 10,5 kilometer persegi dan masuk dalam kawasan Taman Nasional. Luasnya kawasan Mangrove ini, tentu menantang wisatawan untuk berjelajah ria di pulau kecil dengan eksotisme treking Mangrove ini.

Sejumlah spot menarik hutan Mangrove Karimunjawa salah satunya telah dibangunnya jembatan panjang yang terbuat dari kayu. Jembatan panjang ini menghubungkan beberapa keindahan hutan yang cukup luas, serta terhubung dengan beberapa shelter untuk isthirahat.

Kemlu Pastikan Tidak Ada Korban WNI dalam Insiden Jembatan Ambruk di Baltimore

"Lewat jembatan kayu ini, wisatawan bisa belajar tentang mangrove sambil tetap menikmati keindahan alam sekitar Karimunjawa," kata Mashudi, salah satu guide wisata Karimunjawa, Senin 6 Oktober 2017.

Menurut dia, spot paling menarik treking mangrove Karimunjawa adalah keberadaan gardu pandang di tengah hutan. Gardu pandang yang dibangun di kanan kiri jalanan masuk ini merupakan spot foto-foto terbaik yang diburu wisatawan. Sebab, gardu pandang dibangun cukup tinggi yang berada sangat dekat dengan laut.

Ekonomi Digital di ASEAN Meningkat, HSBC Luncurkan Growth Fund Rp15,8 Triliun

"Wisatawan biasanya memilih spot gardu pandang di hutan Mangrove untuk melihat keindahan pulau-pulau sekitar dan keindahan gunung Karimunjawa," kata dia.

Tanaman langka

Kawasan hutan Mangrove Karimunjawa juga banyak ditumbuhi aneka tumbuhan menarik dengan 45 jenis spesies dan 25 famili berbeda. Salah satunya tumbuhan langka di dunia yakni waru laut atau schipiphora hydrophilaceae. Selain waru laut ada juga Mangrove getah, Mangrove tingen, Mangrove duduk serta Mangrove pedada lanang.

"Jadi selain berwisata juga bisa belajar tentang aneka ragam mangrove yang ada di sini," ujarnya.

Untuk menuju ke wisata Mangrove ini sebenarnya cukup mudah. Keberadan wisata Mangrove ini berada dekat dengan bandara Dewandaru yang terletak di pulau Kemojan. Biasanya wisatawan memilih sejumlah paket wisata karena akan mudah untuk menjangkau pulau terindah di Jawa Tengah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya