Ujung Kareung, Pantai Bermahkota Karang yang Picu Adrenalin

Ujung Kareung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi

VIVA – Berbicara potensi wisata bahari di Sabang, tidak akan pernah habis. Bahkan, setiap meter di daratan Kota Sabang itu, menyimpan potensi wisata.

Aceh Siapkan 110 Event Wisata di 2020 Demi Gaet 3 Juta Wisatawan

Di kota yang berjulukan Pulau Weh itu, banyak terdapat spot wisata yang bisa dikunjungi. Kali ini, ada spot wisata baru yang tengah hits di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Lokasinya berada di Desa Ujung Kareung, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Letaknya hanya sekitar tujuh kilometer dari pusat kota Sabang. Di tempat ini, pengunjung dimanjakan dengan keindahan pantainya. Jika sudah sampai di lokasi, kelelahan selama perjalanan akan terbayar dengan pemandangan yang eksotis ditambah dengan susunan karang sepanjang pantai.

‘Aceh Halal Tourism’, Branding Baru Pariwisata Aceh

Susunan batu karang, menjadikan tempat ini memiliki keunikan tersendiri. Menurut masyarakat setempat, Desa Ujung Kareung ini dinamai, karena banyaknya terdapat karang di sepanjang pesisir pantai, seakan menjadi mahkota bagi pantai.

Birunya air laut membuat pengunjung tidak ingin beranjak pergi dari lokasi ini. Bahkan, pengunjung bisa melihat putihnya pasir laut dan ikan-ikan jinak di kedalaman lima sampai enam meter di dasar laut.

Kilometer Nol di Sabang Terpilih Jadi Destinasi Pariwisata Terunik

Di sini, pengunjung bisa menguji adrenaline melompat dari atas karang ke laut dengan jarak sekitar 10 meter. Pengelola lokasi wisata baru-baru ini membuat sebuah papan loncat yang mengarah ke laut. Papan tersebut panjangnya sekitar lima meter yang diikat di batu karang.

Warga setempat mengatakan, spot wisata papan loncat ini dibuka bari sekitar 1 Bulan yang lalu. Tempat ini, lebih sering digunakan warga untuk memancing ikan. 

“Banyak pengunjung yang datang ke sini. Ada yang mandi ada juga yang hanya sekedar untuk foto-foto. Makanya dibuat papan ini, agar aktivitas pengunjung ada,” ujar Saiful, pengelola lokasi wisata tersebut beberapa waktu lalu saat VIVA mengunjungi tempat ini.

Pengelola juga membuat sebuah tangga agar para pengunjung mudah untuk naik kembali ke darat. Disarankan pengunjung harus berhati-hati, karena dinding karang yang terdapat di sekitar papan tersebut memiliki permukaan yang abstrak dan cukup tajam.

Namun, tidak perlu khawatir, karena kedalaman air di bawah papan loncat indah ini berkisar antara 4-5 meter. Selain itu tidak terdapat karang di dasar air sehingga tidak terlalu berbahaya.

Salah seorang pengunjung, Fahzian, mengatakan awalnya ia mengetahui tempat itu lewat foto di media sosial Instagram. 

“Awalnya saya tau setelah viral di sosial media. Sempat bingung juga mencari tempat ini. Namun akhirnya kami bisa juga sampai di sini,” ujar Fahzian.

Spot wisata di Desa Ujung Kareung ini bisa menjadi salah satu referensi pengunjung, bila menghabiskan waktu berlibur di Pulau Paling ujung Barat Indonesia itu.

Pantai Ujung Kareung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya