Permudah Penumpang, Angkasa Pura II Lakukan Digitalisasi

Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Pemerintah saat ini tengah mendorong seluruh sektor pariwisata Indonesia ke arah digitalisasi, tak terkecuali bandara.

Erick Thohir Sebut Karpet Bandara Soetta Jelek, Ini Respons AP II

Pihak Angkasa Pura (AP) II pun mengklaim telah melakukan pengembangan teknologi sebagai basis pelayanan di bandara sebagai salah satu penunjang kemudahan penumpang selama ada di bandara. Hal ini mengingat, bandara merupakan salah satu gerbang utama masuk dan keluarnya wisatawan di suatu negara.  

"AP II telah melakukan go digitalisasi, kita benahi passenger journey karena paling cepat dan bisa dilakukan tanpa menggunakan konsultan," ujar Direktur AP II, Awaluddin dalam Diskusi Go Digital Wonderful Indonesia, di Le Meriddien, Jakarta, Senin, 13 November 2017.

AP II Targetkan 20 Bandaranya Pakai PLTS di 2025

Ia menjelaskan, digitalisasi yang telah dilakukan pihaknya ialah dengan adanya layanan aplikasi Indonesia Airports yang telah diluncurkan pada 21 Mei 2017 lalu. Pada dasarnya, aplikasi tersebut merupakan penyatuan informasi perjalanan penumpang yang memungkinkan para penumpang tidak perlu datang ke bandara untuk mendapatkan informasi tersebut.

Misalnya, penumpang bisa melihat informasi penerbangan, transportasi yang tersedia untuk mengangkut penumpang di bandara hingga informasi layanan bagasi.

Bandara Soekarno Hatta Masuk Daftar 10 Bandara Tersibuk di Dunia

Dengan adanya konsep sederhana itu, ia menyebut bandara kini bisa diakses dari genggaman tangan sehingga pengalaman kehidupan digital di bandara bisa dirasakan penumpang.

"Sekarang ini era yang di mana sudah biasa mengakses informasi dari mana saja, termasuk melalui ini." (mus)

Ilustrasi/Suasana penumpang di Bandara Ngurah Rai, Bali.

AP I Terapkan Aturan Baru Perjalanan Udara Domestik, Ini Rinciannya

Pelaku perjalanan udara dalam negeri kini tidak perlu melakukan tes antigen atau PCR jika telah melakukan vaksinasi dua kali atau booster.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022