Rp9 Triliun Devisa Hilang Akibat Bencana Gunung Agung

Letusan Gunung Agung.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA – Erupsi Gunung Agung ternyata langsung berdampak terhadap jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Menteri Pariwisata, Arief Yahya, pun menyebut bahwa setidaknya sekitar Rp9 triliun potensi devisa dari sektor pariwisata akan hilang. 

KIRANA Group Mengubah Lanskap Pariwisata Bali dengan Inisiatif Baru

Hal itu dihitung jika per harinya ada sekitar 15 ribu wisman yang datang ke Pulau Dewata. Jika rata-rata per harinya wisman menghabiskan uang US$1.200 per kedatangan, setidaknya akan ada Rp250 miliar per hari yang bisa hilang. 

"Hitungan sendiri beberapa hari kejadian hingga tanggal 31 Desember. Sekitar 36 hari dikalikan Rp250 miliar, akan ada Rp9 triliun kita akan kehilangan devisa," ungkapnya saat ditemui di Wisma Aldiron, Jakarta Selatan, Senin 4 Desember 2017. 

Pemkot Denpasar Harapkan Penghargaan Tingkatkan Sektor Pariwisata dan Kebudayaan Kota

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa target untuk mendatangkan 15 juta wisman di tahun 2017 ini pun bisa tidak tercapai. Hal ini mengingat Bali penyumbang 40 persen kedatangan wisman ke Indonesia. Dengan adanya kejadian ini, pemerintah memperkirakan akan ada pengurangan hingga satu juta wisman. 

"Targetnya 15 juta wisman, sampai September kita sangat percaya diri. Namun, akibat erupsi, dampak totalnya kita perkirakan, kita akan kekurangan satu juta. Kalau 14 juta, akan tercapai sekitar 93 persen," ucapnya.

Sindiran Menohok Pemprov Bali ke Filipina Usai Comot Pemandangan Sawah Ubud

Untuk memenuhi target kekurangan tujuh persen atau satu juta tersebut, kata dia, pemerintah pun melakukan siasat dengan melakukan promosi besar-besaran di Kepulauan Riau (Kepri). Hal ini mengingat Kepulauan Riau menjadi salah satu dari tiga pintu masuk utama wisman, yakni 30 persen ke Indonesia selain Bali dan Jakarta. 

"Kita promosiin di Kepri besar-besaran. Kita sadar itu targetnya sangat besar, yang bisa melengkapi itu Kepri," ujarnya.  (one)

Ilustrasi wisatawan asing

Dinas Pariwisata Bali Gencar Antisipasi Kejahatan dan Gangguan Wisatawan

Selama tahun 2023, lebih dari 5 juta wisatawan asing (wisman) berkunjung ke Provinsi Bali, jumlah ini melebihi yang ditargetkan Dinas Pariwisata Bali.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024