Pulau Banyak, Wajib Masuk Destinasi Wisata Kamu Tahun Ini

Pemandangan Pulau Banyak dari atas Mercusuar
Sumber :
  • VIVA/ Dani Randi/ Aceh

VIVA – Kepulauan Banyak dikenal dengan keindahannya yang eksotis. Tempat di mana hamparan laut biru yang begitu jernih dan bertabur aneka terumbu karang di dalamnya. Tempat ini kian memesona jika dipandang melalui ketinggian di atas mercusuar.

UEA Tunda Teken MoU soal Investasi di Pulau Banyak Aceh

Mercusuar ini terletak di Pulau Rangik Kecil, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Salah satu pulau mungil dari 98 pulau lainnya yang berada di Kepulauan Banyak. Meskipun kecil, namun pesona keindahan alam wisata pulau ini tidak perlu diragukan lagi.

Wajar jika wisatawan banyak yang singgah ke Pulau ini. Mercusuar tersebut bebas dinaiki oleh wisatawan,  dengan ketinggian 35 meter dan memiliki 8 lantai. Tingginya mercusuar ini memungkinkan pengunjung melihat keindahan alam sekitar berupa hamparan laut dan pulau yang sangat indah.

Aceh Siapkan 110 Event Wisata di 2020 Demi Gaet 3 Juta Wisatawan

Saat VIVA berkunjung ke lokasi ini, rasa lelah pun hilang ketika sudah berada di atas mercusuar ini. Meskipun harus menaiki ratusan anak tangga hingga bisa sampai ke puncak menara. Namun, pengunjung tak perlu khawatir, bila tidak sanggup mencapai puncak, di setiap mercusuar terdapat jendela yang menghadap ke berbagai arah, sehingga pemandangan indah di bawah sana tetap dapat dinikmati atau diabadikan dengan kamera.

Mercusuar yang terletak di Pulau Rangik Kecil, Aceh Singkil, Aceh.

‘Aceh Halal Tourism’, Branding Baru Pariwisata Aceh

Dari atas mercusuar, pengunjung dapat melihat puluhan pulau-pulau berukuran kecil yang sangat eksotik seperti Pulau Panjang, Pulau Rangik Besar, Pulau Palambak, Pulau Baguk, Pulau Asok dan lainnya. Kemudian warna-warni laut yang menghiasi pinggiran setiap pulau.

Kepala Agen Travel Pulau Banyak Jalan-Jalan, Mefrian mengatakan, Pulau Rangik kecil salah satu lokasi yang paling sering dikunjungi wisatawan. “Pulau Rangik Kecil ini, satu dari 10 pulau yang wajib dikunjungi di sini,” katanya kepada VIVA saat berada di atas mercusuar, Minggu, 31 Desember 2017.

Selain itu, semua agen travel ke Pulau Banyak juga memasukkan Pulau Rangik Kecil ini ke dalam paket destinasi wisata bahari yang wajib didatangi. Selain mercusuarnya, aktivitas lain seperti snorkeling juga bisa dinikmati di Pulau ini.

Salah seorang wisatawan, Popi Prananda mengakui keindahan Pulau Rangik Kecil ini. Kata dia, meskipun untuk menuju puncak sangat melelahkan, namun terbayar ketika sudah sampai ke atas puncak mercusuar ini.

“Sampai di atas indah banget, Pulau-pulau yang nampak dari kejauhan adalah pemandangan lain yang dapat memanjakan mata,” sebutnya.

Mercusuar ini dibangun oleh Departemen Perhubungan Laut pada tahun 2015 dan pengerjaannya rampung pada Januari 2016 lalu. Tujuannya untuk memberi keselamatan pelayaran, sebab pulau ini sering dikunjungi kapal pesiar dan tanker.

Wisatawan menikmati perjalanan menuju pulau Rangik Kecil

Transportasi

Ada beberapa moda transportasi yang ditawarkan untuk bisa sampai ke Pulau Rangik. Jika dari Medan, Sumatera Utara, waktu tempuh jalur darat sekitar tujuh jam perjalanan untuk bisa sampai ke Aceh Singkil. Kemudian jika dari Banda Aceh, waktu tempuh mencapai 12 jam untuk sampai ke Kabupaten Aceh Singkil.

Setelah di Kabupaten Aceh Singkil, pengunjung harus menyeberang menggunakan kapal Ferry atau kapal kayu milik nelayan dengan jarak tempuh tiga jam ke Kecamatan Pulau Banyak.

Tiba di Kecamatan Pulau Banyak, pengunjung yang hendak ke Pulau Rangit harus menyebrang lagi sekitar 30 menit menggunakan perahu mesin atau jasa speed boat untuk bisa sampai ke Pulau Rangik Kecil ini.

Keindahan Kepulauan Banyak dari atas mercusuar yang berada di Pulau Rangik, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya