Rawat Terumbu Karang Bisa Dapat Rp21,4 Miliar

Great Barrier Reef di Australia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Great Barrier Reef di Australia menjadi salah satu terumbu karang paling populer di dunia karena kecantikannya. Namun, terumbu karang yang tadinya berwarna-warni berubah menjadi putih, karena meningkatnya suhu air laut akibat pemanasan global.

Kebakaran Hutan dan Virus Corona Ancam Industri Wisata Australia

Untuk menyelamatkan terumbu karang tersebut, pemerintah Australia membuat sebuah kompetisi dengan hadiah uang total sebesar Rp2 juta dolar Australia atau sekitar Rp21,4 miliar bagi siapa saja yang memiliki ide terbaik untuk menyelamatkan Great Barrier Reef.

Dilansir dari laman Lonely Planet, ide solusi penyelamatan itu bisa mencakup apa pun, dari melindungi terumbu karang yang ada atau mendorong tingkat regenerasi karang yang lebih baik.

Mantai di Cable Beach Australia, Bisa Lihat Fenomena Tangga ke Bulan

Menteri Lingkungan Hidup Australia, Josh Frydenberg, mengatakan dana ini terbuka untuk para ilmuwan, pengusaha, inovator dan pemimpin bisnis.

"Skala masalahnya besar, dan pemikiran besar dibutuhkan, tapi penting untuk diingat bahwa solusi bisa datang dari mana saja," jelasnya.

4 Tips Belanja Puas dan Enggak Ketipu Saat Liburan ke Australia

Nantinya dana awal sebesar US$250.000 atau setara dengan Rp3,2 miliar akan diberikan untuk tahap pengujian. Ide terbaik yang dipilih pada tahap itu akan mendapatkan tambahan dana satu juta dolar Australia untuk membuat prototipe selama 12 bulan. Jika berhasil, mereka akan mendapatkan hak cipta intelektual mereka.

Untuk diketahui, pada November 2017 lalu pemerintah Australia pun telah berusaha untuk menyelamatkan Great Barrier Reef. Dengan melibatkan para ilmuwan untuk melakukan transplantasi karang skala kecil pertama.

Kemudian pada Desember lalu, pemerintah pun membuka sebuah program Great Barrier Reef yang bertujuan untuk mendorong orang-orang untuk merenungkan bagaimana tindakan mereka akan berpengaruh pada kehidupan laut.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya