2020, Kebun Raya Bogor Ditargetkan Jadi Warisan Dunia

Pohon tumbang di Kebun Raya Bogor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jafkhairi

VIVA – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia mengusulkan Kebun Raya Bogor menjadi warisan dunia, atau World Heritage Site UNESCO. Ditargetkan pada 2020, rencana tersebut dapat terwujud karena KRB menyimpan banyak nilai sejarah.

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

“Kami menargetkan, akhir Januari ini diusulkan ke UNESCO. Jika sudah diusulkan, UNESCO akan mengecek semua dokumen, jadi harus mengendap setahun dulu sebelum masuk nominasi. Ditargetkan tahun 2020 dapat terwujud,” kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati  dalam acara Focus Group Discussion Pengusulan Kebun Raya Bogor menjadi Warisan Dunia di ruang Rafflesia, Gedung Konservasi, PKT Kebun Raya, LIPI, jalan Ir. H.  Juanda,  Kota Bogor, Senin 22 Januari 2018.

Untuk itu, ia meminta komitmen semua, termasuk dukungan tertulis setelah acara ini ke semua stakeholder terkait, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Menurutnya, mengapa Kebun Raya Bogor perlu menjadi warisan dunia, karena memiliki nilai sejarah (historical values) dan memiliki keindahan alam (nature).

Ngeri, Terkuak Kerajaan Ular Salah Satu Suku yang Mengandung Banyak Misteri

“Kalau sudah menjadi warisan dunia, otomatis bisa menyelamatkan Kebun Raya Bogor dari ancaman, apalagi Kebun Raya Bogor lebih banyak yang dapat ditawarkan dibandingkan SBG (Singapore Botanic Garden) juga memiliki nilai jual dalam hal promosi dan kerja sama, serta pendapatan sebagai ecotourism,” katanya.

Kebun Raya Bogor sejak dahulu sangat bermanfaat, bukan hanya bagi masyarakat Bogor, tetapi juga untuk Jawa Barat, Indonesia, bahkan untuk dunia. Kebun Raya Bogor juga sudah memiliki dua kriteria sebagai World Heritage Site dari 10 kriteria, yakni kriteria menunjukkan pertukaran nilai-nilai kemanusiaan yang penting dalam rentang waktu tertentu, atau dalam wilayah budaya dunia pada perkembangan arsitektur atau teknologi, seni monumental, desain kota atau desain landscape (kriteria 2) dan menjadi contoh yang luar biasa dari jenis bangunan, arsitektur atau teknologi landscape yang menggambarkan (a) tahap signifikan dalam sejarah manusia (kriteria 4).

Mobil Konsep Ini Bikin Penumpang Berasa di Kamar Hotel

“Dua kriteria itu kita yang menentukan untuk diajukan ke UNESCO, sebetulnya Indonesia bisa mengajukan 10 kriteria, tetapi semua kembali kepada dukungan dan dokumen pendukung,” tutur Enny.

Ia meminta dukungan Pemkot Bogor, terutama komitmen berupa rancangan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang tidak diubah sampai kapan pun dan sama-sama menjaga Kebun Raya Bogor dengan zonasi tertentu, kemudian membuat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur mengenai transportasi, Pedagang Kaki Lima (PKL).

“Saya setuju apa yang dikatakan pak Wali, jadi tidak hanya disiapkan di dalamnya saja, tetapi juga diluarnya,” terangnya.

Enny menilai jika Kebun Raya Bogor resmi dijadikan warisan dunia, maka akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik lokal dan internasional. Jadi tidak hanya Kebun Raya Bogor yang akan berkembang sektor lain pun juga akan berkembang. Ia mengajak kepada semua untuk merubah paradigma bahwa Kebun Raya Bogor bukan hanya hijau dan sejuk tetapi ada manfaat lain, seperti manfaat tanaman untuk pengobatan karena di Kebun Raya Bogor tempat penelitian dan banyak ditanam tanaman obat.

“Jadi Kebun Raya Bogor harus dijadikan Public Sphere atau bagaimana orang berbondong-bondong datang ke Kebun Raya untuk kegiatan-kegiatan tertentu,” katanya.

                                                   Credit Foto: Muhammad AR/ Bogor

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya