Selesai Lempar Jumrah, Jemaah Haji Bergerak ke Masjidil Haram - VIVA
X
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Selasa, 13 Agustus 2019 | 17:47 WIB

Selesai Lempar Jumrah, Jemaah Haji Bergerak ke Masjidil Haram

Jemaah yang mengambil nafar awal akan melaksanakan tawaf ifadah.
Jemaah haji memilih langsung ke hotel usai lempar jumrah nafar awal
Photo :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

Jemaah haji memilih langsung ke hotel usai lempar jumrah nafar awal

VIVA – Jemaah haji Indonesia mulai tiba di hotel tempat penginapan mereka di Mekah, Arab Saudi, Selasa, 13 Agustus 2019. Jemaah mulai diberangkatkan dari tenda-tenda di Mina, menuju Mekah dengan bus. 

Mereka yang kembali ke hotel hari ini adalah jemaah yang mengambil nafar awal atau telah menyelesaikan lempar ketiga jumrah (Ula, Wustha, Aqobah) dan berniat meninggalkan Mina tanggal 12 Zulhijah.

"Alhamdulillah sejak tadi ba'da Subuh dari posko tenda Misi Haji di Mina, (jemaah) bertolak menuju Jamarat, dan sebagian mereka sudah membawa tas kecilnya, jadi mereka sudah akan menyelesaikan nafar awalnya," kata Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin kepada Tim MCH di Mekah. 

Secara keseluruhan, Lukman bersyukur karena pelaksanaan nafar awal ini bisa selesai dengan baik. Namun, bagi jemaah yang akan menempuh nafar tsani, masih akan bermalam lagi di Mina untuk menyelesaikan lempar jumrah dan meninggalkan Mina pada 13 Zulhijah. 

Seiring dengan rampungnya prosesi mabit di Mina dan lempar jumrah pada esok hari, Amirul hajj meminta seluruh petugas sektor, kloter maupun ketua rombongan, agar menyiapkan kedatangan jemaah haji di hotelnya masing-masing. Petugas sektor di Mekah sudah siap menempati posnya masing-masing.

"Karena nafar awal tentu mereka kembali ke hotelnya, dan untuk besok (jemaah nafar tsani) juga demikian," ujarnya. 

Selain itu, Amirul Hajj menekankan para petugas haji di tiap-tiap daerah kerja (daker) agar menyiapkan diri untuk bergerak kembali pada tugas dan fungsinya di daker. Karena setelah prosesi haji rampung, jemaah haji akan bersiap kembali ke Tanah Air bagi gelombang pertama dan bersiap ke Madinah bagi gelombang kedua.

"Daker Mekah kembali ke Mekah, Daker Madinah kembali mempersiapkan diri gelombang kedua yang sudah akan datang ke Madinah. Untuk gelombang pertama yang akan meninggalkan Tanah Air maka petugas-petugas yang sudah akan bertugas di Daerah Bandara Jeddah itu sudah harus menyiapkan segala sesuatunya," terang Amirul hajj.

Kemudian, Amirul Hajj menambahkan, konsentrasi berikutnya adalah di Masjidil Haram. Jemaah yang selesai melaksanakan nafar awal akan melaksanakan tawaf ifadah. 

"Ini akan padat sekali Haram. Baik yang akan melaksanakan tawaf ifadah maupun yang akan melaksanakan sunah lainnya. Saya berharap sektor khusus kita betul-betul mampu mengantisipasi yang akan terjadi. Mudah-mudahan semuanya berlangsung dengan lancar," harapnya.

loading...
Muat Lainnya...