Ramai-ramai Cukur Plontos Usai Lempar Jumrah - VIVA
X
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 14 Agustus 2019 | 05:59 WIB

Ramai-ramai Cukur Plontos Usai Lempar Jumrah

Bisa dengan cara mencukur sendiri atau melalui barber shop.
Memotong rambut hingga plontos usai melempar jumrah.
Photo :
  • Istimewa

Memotong rambut hingga plontos usai melempar jumrah.

VIVA – Hal yang jamak dilakukan bagi jemaah haji pria, apabila telah selesai melaksanakan lempar jumrah dan tawaf ifadah, mereka akan mencukur plontos kepalanya. Kewajiban ini disebut dengan tahallul.

Tahallul merupakan ritual penutup dari ibadah haji/umrah. Di mana jemaah haji atau umrah telah halal dari pantangan ihram. Dengan kata lain, boleh melepas kain ihram, simbolnya dengan mencukur tiga helai rambut. Bagi jemaah haji pria, tahallul dilakukan dengan mencukur habis rambut hingga plontos.

Sebagai rangkaian penutup ibadah haji ini, jemaah pria umumnya mendatangi tempat-tempat cukur rambut, baik yang ada di sekitaran Masjidil Haram atau di wilayah Jamaraat Mina. 

Bagi yang mencukur di tempat pangkas rambut, harganya bervariatif. Maklum, musim haji seperti ini kerap dimanfaatkan bagi pihak tertentu untuk meraup keuntungan berlebih. Ada baiknya, Anda bertanya kepada tukang cukurnya sebelum mencukur.

Seperti tempat pangkas rambut di pinggir jalan Sidqi Aziziyah di ujung wilayah Jamaraat. Harga sekali cukur untuk plontos dikenakan tarif 20 Riyal, setara Rp80 ribu. Cukup mahal bila dikurskan ke Rupiah. Tapi sekali lagi, itu pilihan. 

Petugas haji cukur plontos usai melempar jumrah

Di musim haji seperti ini, memang banyak cara untuk mencukur rambut hingga plontos. Ada yang sesama jemaah yang saling bergantian mencukur rambut dengan peralatan seadanya. Ada juga tukang cukur dadakan keliling.

Kalau tak ingin repot, maka mencukur rambut di tukang cukur (barber shop) di sekitaran Mina maupun Masjidil Haram bisa jadi pilihan. Tarif yang dibebankan beragam. Paling murah 15 Riyal, tapi ada juga yang mencapai 30 Riyal. Tergantung cara Anda bernegosiasi.

"Mencukur rambut tarifnya 20 Riyal. Apakah Anda berniat plontos? Tambah 10 Riyal lagi," kata Labib, tukang cukur rambut di kawasan Mina, Arab Saudi. 

Untuk sekali cukur plontos, para tukang cukur ini cuma butuh waktu kurang dari 10 menit. Mereka tampak ‘kejar target’ agar bisa mendapatkan jemaah yang ingin cukur lontos lebih banyak. (ase)
 

loading...
Muat Lainnya...