Besok, Bus Shalawat Kembali Layani Jemaah Haji - VIVA
X
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 14 Agustus 2019 | 22:41 WIB

Besok, Bus Shalawat Kembali Layani Jemaah Haji

Bus beroperasi seperti sedia kala.
Bus Shalawat siap beroperasi melayani jemaah haji di Musim Haji 2019
Photo :
  • MCH 2019/Bahauddin

Bus Shalawat siap beroperasi melayani jemaah haji di Musim Haji 2019

VIVA – Layanan bus shalawat (city bus) sudah bisa dinikmati kembali oleh jemaah haji Indonesia mulai besok siang, Kamis, 15 Agustus 2019. Bus yang beroperasi selama 24 jam itu akan mengantarkan jemaah haji dari hotel menuju Masjidil Haram, pulang-pergi.

"Terkait (bus) shalawat besok siang mulai aktif. Kamis siang sudah aktif," kata Kepala Daker Mekah, Subhan Cholid di kantornya, Rabu, 14 Agustus 2019.

Sebelumnya, layanan bus shalawat tak beroperasi sementara mulai fase puncak haji, pada 6-13 Zulhijah dan mulai beroperasi kembali pada 14 Zulhijah 1440H atau 15 Agustus 2019. Bus-bus tersebut dipersiapkan untuk transportasi di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. 

"Sekarang sedang turunkan tim koordinasi dengan syarikah mendata ulang bus yang ditarik. Kemarin kan ada stiker yang masyair. Supaya stiker Indonesia terlihat lagi," ungkapnya.

Seperti diketahui, 463 armada bus shalawat dikerahkan untuk melayani jemaah haji Indonesia selama musim haji 2019. Adapun layanan kebutuhan transportasi jemaah haji ini, dilakukan dua perusahaan bus asal Arab Saudi. Keduanya yakni Saptco dan Rawahil Armada. 

Selama masa operasional, bus shalawat akan berputar dari hotel jemaah menuju Masjidil Haram dan sebaliknya secara berkelanjutan. "Layanan didukung dengan 9 rute, 56 halte dan 3 terminal," ujar Subhan.

Sembilan rute dengan empat terminal bus shalawat yang berada di sekitar Masjidil Haram, yaitu: (1) Jamarat - Mahbas Jin - Bab Ali; (2) Syisyah - Syib Amir; (3) Syisyah Raudhah - Syib Amir; (4) Syisyah 1 - Syib Amir; (5) Syisyah 2 - Syib Amir; (6) Raudhah - Syib Amir; (7) Jarwal - Syib Amir; (8) Misfalah – Jiad; dan (9) Rea Bakhsy – Jiad.


 

loading...
Muat Lainnya...