181 WNI Ditangkap Aparat Arab Saudi Karena Berhaji Tanpa Visa Resmi
Sabtu, 7 September 2019 | 12:01 WIB

181 WNI Ditangkap Aparat Arab Saudi Karena Berhaji Tanpa Visa Resmi

Mereka ingin menunaikan ibadah haji tanpa surat izin
181 WNI diamankan pihak keamanan Arab Saudi karena tak menggunakan visa haji
Photo :
  • KJRI Jeddah

181 WNI diamankan pihak keamanan Arab Saudi karena tak menggunakan visa haji

VIVA – Sebanyak 181 Warga Negara Indonesia (WNI) diamankan aparat berwenang Arab Saudi sebelum masuk waktu pelaksanaan ibadah haji. Mereka ditahan karena kedapatan hendak menunaikan ibadah haji tanpa visa haji dan tasrekh (surat izin) berhaji.

Otoritas Arab Saudi menggerebek WNI tanpa visa haji itu di apartemen, dan sebagian lagi di sebuah penampungan di Mekah. Mereka ditahan di rumah detensi imigrasi (Tarhil) Syumaisi.

Selain jumlah di atas, terdapat puluhan WNI yang terlunta-lunta usai melaksanakan ibadah haji karena tidak memiliki tiket pulang. Beberapa diantaranya terkatung-katung kepulangannya karena diberangkatkan dengan visa kerja dan tidak diuruskan exit permitnya oleh perusahaan/travel yang memberangkatkan, sehingga mereka tertahan di bandara.

Berdasarkan hasil berita acara pemeriksaan (BAP) yang dilakukan oleh Tim Pelayanan dan Pelindungan Warga (Yanlin) Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, sebagian besar dari 181 orang tersebut mengaku tertipu tawaran berhaji oleh seorang oknum dari travel yang ikut terjaring dalam operasi tersebut. Oknum tersebut juga dimasukkan ke dalam sel tahanan imigrasi Arab Saudi.

Artikel Terpopuler