Kisah Jemaah Haji Lombok, 28 Hari Tak Lepas Ihram
Kamis, 15 Agustus 2019 | 05:00 WIB

Kisah Jemaah Haji Lombok, 28 Hari Tak Lepas Ihram

Syairi dan temannya, berniat kuat melaksanakan haji ifrad
Syairi, jemaah asal Lombok yang melaksanakan haji ifrad
Photo :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

Syairi, jemaah asal Lombok yang melaksanakan haji ifrad

VIVA – Syairi baru tergugah dari tidurnya. Masih berpakaian ihram lengkap, berbaring di sudut kamar hotel di wilayah Syiyah Kota Mekah. Syairi tak sendirian. Sekamar sembilan orang lakunya sama. Mereka kompak rebahan di waktu pagi menjelang siang. Syairi sekamar bersama teman satu kampung, Desa Aik Prapa, Aikmal, Lombok Utara.

Tak ada aktivitas mencolok dari kamar yang berada di sudut bangunan. Kamarnya terpisah dari lift yang berada di tengah. Kamarnya cukup luas, tapi siang itu dengan pencahayaan yang redup, meski sudah siang. Mereka baru beristirahat sepulang salat malam dan subuhan di Masjidil Haram. 

Syairi dan sembilan temannya merupakan jemaah haji Kloter 1 Embarkasi Lombok yang berniat ifrad. Sejak tiba di Mekah, 15 Juli 2019 lalu, dari Madinah, Syairi dan teman-temannya tidak pernah melepas ihram sampai selesai proses ibadah haji.

Haji ifrad dimaknai orang yang berhaji dengan cara Ifrad, yakni orang yang berhaji dengan hanya berniat mengerjakan ibadah haji saja tanpa ibadah umrah. Bisa saja mereka melaksanakan umrah, tapi itu dilakukan setelah selesai berhaji.

loading...
Artikel Terpopuler