Cerita Dirjen Haji Tengah Malam Antar Jemaah Tersasar ke Pemondokan

Cerita Dirjen Haji Tengah Malam Antar Jemaah Tersasar ke Pemondokan

Senin, 26 Agustus 2019 | 06:00 WIB
Melayani jemaah haji butuh keteladanan
Dirjen Haji, Nizar Ali bersama DIrektur Bina Haji Khoirizi mengantar jemaah
Photo :
  • Kemenag

Dirjen Haji, Nizar Ali bersama DIrektur Bina Haji Khoirizi mengantar jemaah

VIVA – Pukul 01.00 dini hari waktu Arab Saudi. Suasana Kota Mekah mulai terasa sunyi. Sebagian besar penghuni kota kelahiran Nabi ini tengah bersenda gurau di alam mimpi, terlelap di atas peraduan yang nyaman, berbalut selimut hangat. 

Namun, kondisi tersebut tak berlaku bagi dua pria paruh baya berseragam putih bertuliskan 'Petugas Haji Indonesia 2019'. Keduanya, masih berada di dalam mobil yang melaju menembus kesunyian jalanan Kota Mekah. Mereka harus mengantarkan dua orang jemaah haji yang saat ini berada di bangku belakang mobil. 

Bila tak kenal, mungkin orang tak akan menyangka jika keduanya adalah ‘orang penting’ pengambil kebijakan dalam penyelenggaraan haji Indonesia. Ya, mereka berdua adalah Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali dan Direktur Bina Petugas Haji Khoirizi. 

"Tadi kami baru selesai memantau pelayanan dan melakukan pertemuan di sektor 7, kemudian ada jemaah dari Aceh Singkil ini yang seharusnya tinggal di sektor 2, tersasar di sana. Kami ajak untuk ikut kami," kata Nizar, Jumat tengah malam, 23 Agustus 2019, dilansir laman Kemenag.

Sekitar 15 menit kemudian, mobil pun berhenti di depan hotel 225 yang menjadi tempat tujuan mereka. Dua orang jemaah tersebut tampak sumringah setibanya di hotel. Berulang kali mereka mengucapkan terima kasih kepada Nizar dan Khoirizi.  

"Alhamdulillah, mereka merasa senang sudah diantar. Mereka kebetulan sudah menunggu giliran cukup lama untuk diantar oleh mobil sektor. Kebetulan mobilnya juga sedang berkeliling mengantar jemaah-jemaah yang tersasar di sektor 7 itu," jelas Khoirizi.  

Pasca puncak musim haji, mengantar jemaah kembali ke pemondokan memang jadi pekerjaan rumah yang kerap dilakukan para petugas haji. Ada saja jemaah yang kerap ditemukan terpisah rombongan atau pun salah jurusan naik bis shalawat menuju pemondokan. 

Artikel Terpopuler