Efektivitas Ganjil Genap di Gerbang Tol

Penerapan Ganjil Genap di Pintu Tol Bekasi Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani

VIVA – Senin pagi 12 Maret 2018, ada pemandangan berbeda di pintu tol Bekasi ruas Jakarta-Cikampek. Sejak pukul 5 pagi kendaraan pribadi roda empat sudah berbondong-bondong masuk ke ruas tol tersebut sebelum pukul 06.00 WIB.

Kemenko Maritim: Penutupan Jalan Tol Jabodetabek Tunggu Pemda

Diketahui, jam operasional pemberlakuan aturan ganjil genap di pintu tol Bekasi Timur dan Barat pertama kalinya dimulai sejak pukul 06.00 hingga 09.00 pagi. Kendaraan pribadi yang boleh melintas gerbang tol tersebut pun hanya bernomor genap di angka terakhir, karena pemberlakuanya jatuh pada tanggal genap yaitu 12 Maret. 

Sejatinya, ada tiga upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengurai kemacetan di ruas tol Jakarta-Cikampek yang saat ini sedang penuh oleh kegiatan proyek infrastruktur pemerintah. Selain ganjil genap untuk kendaraan pribadi, otoritas terkait juga melakukan pembatasan angkutan barang golongan 3, 4 dan 5 serta menyediakan angkutan umum alternatif. 

BPTJ Sebut Ada Subsidi Angkutan Umum di Jalan Berbayar Perbatasan

Pemerintah pun menegaskan, aturan ini hanya berlaku untuk kendaraan yang masuk di kedua gerbang jalan tol tersebut. Bagi kendaraan yang masuk dari gerbang lain tidak terkena aturan tersebut. 

Baca juga: Darurat Ganjil Genap

Tersedia 20 Bus, Jalan-jalan Blok M-Puncak Segini Tarifnya

Berdasarkan pantauan VIVA di gerbang Tol Bekasi Barat 1, pada hari pertama penerapan aturan ini, puluhan personel Kepolisian dikerahkan turun langsung mengawasi kendaraan.

SISTEM GANJIL GENAP TOL JAKARTA CIKAMPEK

Implementasi ganjil genap hari pertama Senin, 12 Maret 2018

Tak sedikit kendaraan berpelat ganjil yang dilarang masuk ke gerbang Tol Bekasi Barat 1. Kendaraan itu pun diminta untuk memutar balik sebelum masuk ke gerbang tol lewat jalur memutar yang telah disediakan.

Geser waktu macet

Dengan banyaknya kendaraan yang melewati kedua gerbang tol itu sebelum jam operasional aturan ganjil genap berlangsung, menandakan adanya pergeseran penumpukan kendaraan. Kemacetan pun terpecah dan bergeser tidak di jam-jam sibuk. 

"Artinya pembagian beban lalu lintas terjadi," ujar Pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno kepada VIVA, Senin 12 Maret 2018.

Baca juga: Kakorlantas: Tak Ada Tilang Dihari Pertama Ganjil Genap

SISTEM GANJIL GENAP TOL JAKARTA CIKAMPEK

Rambu informasi putar arah, aturan ganjil genap  

Dia pun menilai, hari pertama penerapan aturan ini berjalan dengan baik. Meskipun masih banyak masyarakat yang mengaku belum tahu aturan ini, kemacetan di kawasan itu pun mulai terurai. 

"(Jam macet bergeser) bisa begitu. Jadi tidak numpuk di peak hour, sudah lumayan (ganjil genap)," tambahnya. 

Ke depan menurutnya, ada sejumlah pekerjaan rumah yang masih harus dilakukan pemerintah agar aturan ini semakin efektif. Salah satunya adalah memastikan layanan angkutan Umum menjangkau seluruh perumahan di Bekasi.  

Baca juga: Polisi Akui Aturan Ganjil Genap Tak Signifikan Kurangi Macet.

Selanjutnya, kata dia, aturan pembatasan kendaraan di gerbang tol ini bisa diterapkan di daerah lain, apabila implementasinya di Bekasi berjalan dengan sukses. Namun, pembatasan tersebut tidak selalu harus menggunakan aturan ganjil genap. 

" Misalnya dengan menaikkan tarif masuk tol pada jam sibuk. Namun harus disertai dengan kepastian hukum juga," ungkapnya. 

Evaluasi ketat

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengklaim, penerapan ganjil genap di pintu tol Bekasi di hari pertama cukup sukses. Sebab, ada tiga hal positif yang terjadi berdasarkan evaluasi yang dilakukan. 

Pertama, menurut Bambang, adalah terjadi perpindahan pergerakan orang di Bekasi. Kedua, jumlah penumpang atau load factor untuk bus Trans Jabodetabek yang disiapkan BPTJ tercatat meningkat menjadi 60 persen.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono.

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono

"Ini yang menarik, load factor nya naik sekitar 40 persenan. Sebelumnya, cuma 10 persen setiap hari sebelum ganjil genap. Tetapi, capaian ini masih akan terus di evaluasi besok apakah benar dari mobil pribadi atau tidak," ujarnya kepada VIVA, Senin 12 Maret 2018. 

Baca juga: Jadwal Bus Mewah Selama Ganjil Genap di Tol Cikampek

Bus Transjabodetabek kelas premium.

Bus Trans Jabodetabek.

Sedangkan yang ketiga, kata Bambang, adalah penerapan ganjil genap telah membuat arus lalu lintas di dalam tol hijau atau lancar. Bahkan, kondisi itu membuat jalur tol lainnya seperti ke Depok ikut lancar.

Sementara itu, lanjut dia, di wilayah non tol seperti jalan raya Kalimalang yang diperkirakan terdampak kemacetan parah akibat kebijakan ganjil genap, justru tercatat hijau.

"Jadi, selama satu hari ini, kebijakan ini masih positif. Kita akan melihat lagi seminggu ke depan. Kita sudah buat posko untuk memantau. 

Dia pun menegaskan, pihaknya bekerja sama dengan Kepolisian akan membuat tim khusus untuk memantau kebijakan ini. Tim ini bertugas untuk mengidentifikasi titik-titik kemacetan yang ada dan berkoordinasi langsung untuk mengurai masalah tersebut. 

"Tim cyber kemacetan namanya tim green line, akan efektif akan bekerja saat ini. Nanti kami berkantor di posko mal Bekasi City. Ini tidak hanya Bekasi saja tapi nantinya se-Jabodetabek," tegasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya