Urban Legend Antara Mitos dan Fakta

Boneka berhantu.
Sumber :
  • theoccultmuseum.com

VIVA – Urban legend atau legenda urban menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat sejak lama. Bahkan sebagian penduduk bumi menyakini kebenaran dari kisah tersebut.

Bikin Merinding, Pentas Musik Ini Ditonton Ribuan Jin

Tak hanya di Indonesia, setiap negara di penjuru dunia memiliki legenda urban yang diyakini nyata hingga ceritanya dipelihara dan diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya. Contoh legenda urban dari Tanah Jawa yang kisahnya populer dan diyakini benar ada ialah Si Manis Jembatan Ancol.

Kisah tersebut lahir pada zaman Hindia Belanda pada awal abad 19 di Batavia yang kini bernama Jakarta. Legenda menyebutkan bahwa Si Manis Jembatan Ancol itu dahulunya adalah wanita muda dengan paras menawan yang baru menginjak usia 16 tahun dengan nama Siti Ariah.

Cipularang dan Misteri Petilasan Prabu Siliwangi

Karena pesonanya, banyak pria 'hidung belang' ingin meminangnya. Namun dia melarikan diri dari kejaran pria kaya raya yang mata keranjang. Siti tewas saat memberikan perlawanan dan jenazahnya dibuang di area persawahan, yang jaraknya sekitar 400 meter dari Jembatan Ancol.

Sejak itu, banyak cerita mistis di sekitar wilayah itu. Konon kerap ada penampakan gadis manis yang diyakini sebagai hantu Siti Ariah. Sosok itu akhirnya dijuluki sebagai Si Manis Jembatan Ancol.  

4 Kisah Urban Legend yang Jadi Nyata, Seram Banget

Poster Film Si Manis Jembatan Ancol

Apa itu legenda urban?

Soal definisi legenda urban, banyak versinya. Menurut Wikipedia, legenda urban adalah sebuah mitos atau legenda kontemporer yang kerap dipercaya sebagai sebuah kebenaran. Legenda ini kebanyakan terkait dengan kisah misteri, horor, mengerikan, humor hingga kisah moral. Dan legenda urban tidak selalu kisah bohong, tetapi seperti kisah yang disebarkan dari mulut ke mulut dan kadang disampaikan secara hiperbola sehingga menjadi sensasional.

Berdasarkan penelitian antropologi dilansir dari anthropology.iresearchnet, legenda urban adalah kisah-kisah fantastis yang menyebar luas di seluruh dunia dan diulang-ulang. Kisah ini diceritakan oleh saksi atau berdasarkan fakta di masa lalu.

Kendati legenda urban dipandang sebagai manifestasi modern, dalam hal struktur dan peran, mereka tidak selalu berupa legenda perkotaan. Mereka adalah cerita rakyat yang populer dan menyebar dari individu ke individu lainnya. Hal ini membuat dunia pendidikan tertarik dengan legenda urban mulai paruh pertama abad ke-20, di mana muncul studi perbandingan antara pengetahuan dan budaya rakyat atau disebut folklorists.

Ada dua orang yang menyebarkan istilah legenda urban. Pertama adalah Richard Mercer Dorson, yang menyebutkan istilah tersebut dalam bukunya American Folklore yang diterbitkan tahun 1959. Dia menulis tentang legenda di kota besar dan legenda mahasiswa. Sementara satu orang lainnya adalah murid Dorson, Jan Harold Brunvand, yang mempopulerkan penelitian kontemporer tentang legenda urban dengan serangkaian publikasi dari legenda urban Amerika, dimulai pada tahun 1981 dengan The Vanishing Hitchhiker: American Urban Legends and their Meanings.

Tidak seperti legenda tradisional, legenda urban dilaporkan sebagai peristiwa kontemporer, di mana saksi menceritakan sebuah cerita yang benar-benar terjadi. Meskipun legenda urban menyebar ke seluruh wilayah, namun cerita yang mendasarinya tetap tidak berubah. Dan kendati legenda urban mungkin memiliki sedikit kebenaran, namun ada juga yang jauh dari kisah lokal dan ditambah-tambahkan karena untuk melokalisasi legenda itu.

Salah satu ciri sebuah legenda urban terletak pada akhir cerita yang aneh tapi tampak masuk akal, sehingga diambil sebagai kebenaran. Legenda ini sering mencampur humor dan horor, membangkitkan rasa moralitas atau kecemasan tersembunyi untuk menyentuh empati.

Ilustrasi iblis Jersey

Antropolog Yopie Septiadi mengatakan, bahwa legenda urban adalah cerita mistis yang dipercaya ada (termasuk dengan risikonya jika melanggar pantangan), yang ada di masyarakat kota. Menurutnya, legenda urban terdiri atas cerita yang dipengaruhi oleh budaya asal (asli) masyarakatnya meski mereka tinggal di lokasi berbeda. Jadi, cerita tersebut dibawa dalam pikiran atau pengetahuan mereka.

Kedua, cerita yang muncul dari kehidupan di kota itu sendiri. Biasanya dikaitkan dengan peristiwa tragis atau diketahui banyak orang. Misalnya, ada peristiwa ditemukannya mayat perempuan korban pemerkosaan yang dibuang di suatu jalan raya dan hal ini menjadi potensi munculnya legenda urban. Arwah mayat tersebut tidak tenang, sehingga mengganggu pengendara motor atau mobil yang melintas pada waktu tertentu dan supaya tidak diganggu, mereka membunyikan klakson.

"Dengan demikian, ada kalanya urban legend mengikuti konsep takhayul dalam ilmu folklore, yaitu pantangan (jika) dilanggar akan berakibat dan convertion, yakni cara atau siasat supaya terhindar dari akibat," katanya kepada VIVA, Selasa, 20 Maret 2018.

Dia menuturkan, legenda urban juga bisa muncul dari biografi kehidupan di suatu tempat di kota pada masa lalu yang dikaitkan dengan masyarakat kota pada masa kini. Untuk mengaitkan hal itu, biasanya didukung oleh konteks atau tempat yang dianggap sakral atau angker, seperti makam dan sebagainya. Contoh, pastur tanpa kepala di TPU Jeruk Purut.

Sementara sosiolog Sigit Rochadi menuturkan, bahwa legenda urban atau mitos itu sama, yakni cerita yang dipercaya masyarakat dan menjadi bagian dari identitias masyarakat itu. Mitos itu sebagian adalah cerita mistis.

"Jadi mistis itu memposisikan masyarakat masih di alam metafisika. Kalau masyarkat modern sepenuhnya rasional, tapi masyarakat modern tidak sepenuhnya bersandar pada positivisme. Sebagian masyarakat di dunia masih percaya pada metafisika, cerita heroik, epos kepahlawanan yang masih mengandung mitos, baik di Prancis, Amerika, khususnya di Asia," tutur dia kepada VIVA, Selasa, 20 Maret 2018.

Sigit menjelaskan, bahwa legenda urban memang sulit dijelaskan secara rasional tapi cerita itu bagian dari identitas masyarakat setempat. Dan biasanya, cerita legenda urban dari generasi ke generasi mengalami penambahan hingga menjadi banyak versi. Dan seiring berkembangnya masyarakat, menurutnya legenda urban bukannya hilang, namun makin berkembang.

Legenda urban di beberapa negara

Tak hanya di Indonesia yang memiliki banyak legenda urban yang terus berkembang, tapi juga di belahan dunia lainnya. Beberapa negara dengan legenda urban yang mendunia, selain Indonesia di benua Asia, ada Jepang, Thailand. Legenda urban rasa horor dari benua Afrika, Eropa dan Amerika juga tak kalah populer.
 
Di Jepang, beberapa legenda urban yang populer, di antaranya kisah Hanako-san, sebuah legenda hantu yang tinggal di dalam kamar mandi di lantai tiga sekolah. Konon agar bisa melihatnya, orang harus pergi ke bilik ketiga, mengetuk sebanyak tiga kali dan membuka pintu. Saat dilakukan dengan tepat, akan muncul seorang gadis dengan rok berwarna merah, potongan rambut bob yang entah ingin mengajak bermain atau menuju ke neraka melalui kloset. Kisah asli cerita ini katanya berasal dari masa Perang Dunia II, saat seorang gadis sekolah bernama Hanako mati terkena ledakan bom ketika berada di toilet.

Selain itu, ada Kuchisake-onna yang digambarkan punya penampilan mengerikan dengan mulut robek hingga ke telinga. Menurut cerita masyarakat setempat, Kuchisake-onna adalah roh jahat yang kembali dari kematian dan bisa muncul di mana dan kapan saja. Legenda ini muncul pada periode Edo di abad ke-17, di mana wanita cantik itu dirobek mulutnya olel suaminya karena berselingkuh. Setelah kematiannya, dia gentayangan untuk merobek mulut orang yang ditemuinya dengan menggunakan gunting.

Sementara di Thailand, ada legenda tentang sosok Mae Nak Phra Khanong. Diceritakan bahwa dia sangat mencitai suaminya, sehingga meski sudah meninggal karena melahirkan, dia tetap ingin tinggal bersama suaminya. Sampai akhirnya sang suami, Mak yang baru pulang dari medan perang menyadari bahwa istrinya telah meninggal dunia, sehingga dia memilih tinggal di kuil untuk menghindari arwah istrinya. Nak yang tak bisa bertemu suaminya memutuskan meneror siapapun yang membongkar rahasianya.

Ada lagi legenda urban yang tak kalah menyeramkan dari Amerika Serikat, yakni iblis Jersey. Menurut legenda, iblis Jersey adalah makhluk berbentuk aneh yang dikutuk oleh ibunya sendiri, Deborah Leeds. Leeds yang sudah memiliki 12 anak bersumpah jika mengandung lagi, maka anak itu akan menjadi iblis.

Sumpahnya menjadi nyata pada tahun 1735 saat Leeds hamil anak ke-13. Bayi yang baru lahir itu berubah menjadi makhluk aneh, dengan kepala kambing, berkuku, dan punya sayap kelelawar. Bayi menyeramkan itu membunuh bidan yang membantu melahirkannya dan terbang ke pohon, lalu menghantui wilayah Jersey sejak saat itu.

Sedangkan di Chile, Kuba dan Meksiko ada legenda urban yang meneror anak-anak. Dikisahkan tentang seorang pria bernama Fransisco Ortega yang menderita tubercolosis. Dukun yang mengobatinya merekomendasikan minum darah anak kecil dan dia menurutinya. Ortega menculik anak kecil, menyembunyikan dalam kantong dan meminum darahnya lewat irisan yang dibuat di bawah ketiaknya.

Ortega dan dukun itu lantas ditangkap dan dieksekusi. Namun kemudian diceritakan bahwa hantu Ortega atau dikenal sebagai el cuco masih gentayangan di jalanan dengan membawa kantong besar di malam hari untuk mencari anak kecil.

Tak kalah seram, sebuah legenda urban di terowongan Belchen, Swiss. Pada 1981, sebuah cerita muncul di koran lokal tentang sejumlah orang yang melihat seorang wanita tua mengenakan pakaian serba putih di terowongan itu. Dua tahun kemudian, dua pengacara perempuan mengaku memberikan tumpangan kepada wanita tua, yang tiba-tiba menghilang ketika mereka menegok ke kursi belakang.

Sementara benua hitam Afrika, dikenal penuh dengan kisah berbau mistik, ilmu hitam hingga di luar nalar. Selain ilmu hitamnya, voodoo yang paling ditakuti di dunia, ada makhluk mistis yang diduga nyata. Beberapa makhluk mistis itu, yakni pohon pemakan manusia dari Madagaskar.

Berdasarkan laporan petualang Jerman bernama Carl Liche, dia melihat ritual wanita di suku Mkodo yang dijadikan persembahan ke sebuah pohon yang tiba-tiba hidup dan menelan tubuh wanita tersebut. Ada juga Grootslang, seekor ular besar dengan panjang 15,555 meter yang menjaga berlian di sebuah gua di kawasan Richtersveld, Afrika Selatan. Makhluk ini melindungi gua dan memastikan harta itu tetap aman di bawah tanah. Bagi yang mencoba masuk, tak ada yang pernah kembali.

Dan Tokoloshe, sosok kurcaci berpenis besar adalah teror mengerikan bagi wanita di Afrika Selatan dan Zimbabwe. Tokoloshe dikatakan makhluk berbulu, aneh seperti kurcaci dengan penis besar yang suka menyelinap ke kamar wanita dan menidurinya.

Masih sangat banyak kisah legenda urban lainnya di dunia. Bahkan, beberapa kisahnya dijadikan inspirasi dalam pembuatan film horor. Salah satu legenda urban yang difilmkan adalah Annabelle. Boneka hadiah ulang tahun itu ternyata dihuni oleh arwah jahat yang ingin menyakiti pemiliknya dan bertukar tempat dengannya. Hingga akhirnya, seorang paranormal terkenal pada tahun 1970 Ed dan Lorraine Warren berhasil mengurungnya di sebuah tempat khusus di rumahnya.

Film ini pun punya banyak penonton. Itu mengapa menurut antropolog Yophie, legenda urban sebenarnya bisa dimanfaatkan, seperti dijadikan inspirasi di industri kreatif, seperti dijadikan film atau pertunjukan teater. Selain itu, di industri pariwisata, lokasi-lokasi terkait legenda urban juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata yang menawarkan tur uji nyali.

"Di London, sudah dimanfaatkan urban legend dari Jack the Reaper sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal. Namun faktor budaya dan tidak pantas justru yang biasanya menghambat tujuan-tujuan kreatif tersebut," katanya.

Melihat perkembangannya, legenda urban memang sepertinya akan selalu hidup apapun bentuknya. Itu lantaran legenda ini selalu berhasil memikat generasi baru dengan versi apapun. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya