Adu Sikut Jelang Lebaran Bikin Pasar Sepeda Motor Kian Seru

Logo Honda dan Yamaha. Dua pabrikan Jepang ini dituding melakukan kartel harga skuter matik 110-125cc.
Sumber :
  • Ist.

VIVA.co.id – Bukan rahasia lagi jika momentum musim mudik Lebaran selalu didahului dengan tradisi meningkatnya permintaan akan kendaraan, termasuk roda dua. Itu dibuktikan dengan meroketnya penjualan sepeda motor yang tercatat sepanjang bulan Mei 2017 lalu.

Asyik, Beli Honda CB150X Dapat Promo Menarik

Data dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menunjukkan, penjualan sepeda motor (domestik) di bulan Mei 2017 lalu terjual sebanyak 531.496 unit. Padahal di bulan sebelumnya (April) hanya laku terjual sebanyak 388.045 unit sepeda motor.

Dengan kata lain, penjualan sepeda motor di Indonesia di bulan kelima tahun ini naik hampir 37 persen dibanding bulan sebelumnya. Tak heran jika penjualan di bulan Mei ini menjadi yang tertinggi selama lima bulan pertama di tahun 2017.

Honda Luncurkan Motor Matik Baru di Indonesia

Dan faktor utama yang membuat meroketnya angka penjualan sepeda motor menurut pihak AISI tentu momentum lebaran.

"Kenaikan penjualan sepeda motor di bulan Mei ini memang berkaitan dengan lebaran yang akan datang. Selain itu juga karena panen raya di beberapa tempat," kata Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI kepada VIVA.co.id.

Sensasi Seru Keliling Lombok Pakai Honda ADV150

Namun Sigit juga memprediksikan bahwa penjualan yang meroket pada bulan Mei tidak akan berlanjut pada bulan Juni ini. Pasalnya, penjualan kendaraan termasuk roda dua akan terganjal dengan libur lebaran dalam beberapa pekan ke depan.

Terlepas kemungkinan akan kembali melorot di bulan Juni, pencapaian pada bulan Mei lalu tetap disambut gembira pelaku industri otomotif roda dua, termasuk AISI. Terlebih, penjualan sepeda motor di caturwulan pertama 2017 lalu dianggap kurang memuaskan.

"Kita harapkan peningkatan ini dapat memacu pertumbuhan penjualan sepeda motor yang sempat mengalami penurunan di caturwulan pertama tahun ini," kata Wakil Ketua AISI, Yohan Yahya.

Maklum saja, pada tahun lalu, momentum jelang lebaran memang sempat 'terlewatkan' karena bersamaan dengan momentum tahun ajaran baru sekolah sehingga penjualan sepeda motor dipaksa 'memble'.

Meroketnya penjualan sepeda motor memanfaatkan momentum lebaran juga dibenarkan Deputy Head of Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbuddin saat dihubungi VIVA.co.id.

"Peningkatan penjualan motor pada bulan Mei karena diipengaruhi meningkatnya permintaan motor menjelang lebaran. Kami berharap motor terserap maksimal di pasar sehingga kenaikan di bulan Mei bisa berlanjut di bulan berikutnya," kata pria yang akrab disapa Muhib itu.

Selanjutnya Honda Versus Yamaha Terus Berlanjut

Honda Versus Yamaha Terus Berlanjut

Berbicara persaingan di roda dua, tentu juga telah menjadi tradisi jika dua teratas selalu menjadi milik Honda dan Yamaha. Honda lewat Astra Honda Motor (AHM) tetap menjadi yang nomor satu untuk banyak-banyakan melego kendaraan roda dua.

Dari data AISI, pada bulan Mei 2017, Honda menjadi yang teratas dengan total penjualan sebanyak 394.751 unit atau menguasai market share roda dua sebanyak 74,2 persen. Angka tersebut naik dibandingkan penjualan pada bulan April 2017, dimana Honda hanya mampu melego 274.155 unit.

Sedangkan Yamaha harus rela tetap berada di posisi kedua dengan total penjualan sebanyak 122.186 unit pada bulan Mei 2017 atau mengusai hampir 23 persen market share. Penjualan ini juga meningkat dibandingkan penjualan pada bulan April 2017 yang hanya mampu mengukuhkan angka 101.908 unit.

Yang menarik, Suzuki kembali berhasil menyodok Kawasaki di posisi ketiga. Produsen dengan logo huruf S ini mampu menjual sebanyak 8.526 unit atau sekitar 1,6 persen market share pada bulan Mei 2017. Penjualan tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dibulan sebelumnya yang hanya menjual 5.879 unit kendaraan.

Kawasaki yang melorot ke posisi keempat, hanya membukukan penjualan sebanyak 5.915 unit atau mengusai market share hanya 1,1 persen. Angka tersebut menandakan hanya Kawasaki yang tak membukukan peningkatan alias anjlok setelah di bulan April mampu melego sebanyak 6.002 unit.

Posisi lima besar terakhir ditempati oleh TVS yang mampu membukukan penjualan sebanyak 118 unit. Angka tersebut naik bila dibandingkan bulan April 2017 yang hanya membukukan penjualan sebanyak 101 unit.

Selanjutnya...Skutik Honda Menang Telak, Yamaha Unggul di Motor Sport

Skutik Honda Menang Telak, Yamaha Unggul di Motor Sport

Bukan rahasia lagi jika skuter matik alias skutik merupakan kendaraan yang tengah digandrungi masyarakat Tanah Air, khususnya di wilayah perkotaan.

Dari data penjualan AISI, skutik berkontribusi sebanyak 420.292 unit dari total penjualan roda dua sebanyak 531.496 unit sepanjang Mei 2017 . Dengan kata lain, motor skutik memberikan kontribusi sekitar 79 persen penjualan roda dua di Mei 2017.

Dan lagi-lagi, Honda menunjukkan dominasinya dengan menguasai penjualan skutik di bulan kelima tahun ini. Bahkan untuk posisi empat teratas disumbang produk-produk andalan Honda yakni Beat eSP, Vario 125 eSP, Scoopy eSP dan Vario 150 eSP.

Honda Beat eSP menjadi motor matik terlaris di bulan Mei dengan membukukan penjualan sebanyak 145.014 unit. Lalu di posisi kedua Vario 125 eSP yang mampu terjual sebanyak 58.204 unit, disusul Scoopy eSP di posisi ketiga dengan penjualan sebanyak 53.622 unit. Dan dominasi Honda dilengkapi dengan Vario 150 eSP yang mampu terjual sebanyak 45.295 unit yang berada di posisi keempat terlaris.

"Kami berusaha memenuhi ekspetasi para pecinta skutik dengan produk dan layanan terbaik kami. Dominasi Honda di segmen skutik menajdi cerminan penerimaan positif masyarakat terhadap upaya AHM dan jaringan diler kami memenuhi kebutuhan mereka," kata Ahmad Muhibbuddin.

Di bawah empat besar milik Honda, bertengger Yamaha Mio M3 125 yang harus puas di posisi kelima dengan penjualan sebanyak 24.356 unit. Lalu disusul skutik bongsor NMax yang terjual sebanyak 20.993 unit dan Aerox Advance 11.587 unit.

Meski kalah telak di segmen motor skutik, Yamaha sedikit bernafas lega melihat persaingan di segmen motor sport yang juga mengalami peningkatan sepanjang Mei 2017.

Dari total 58.304 unit yang terjual sepanjang Mei 2017, All New V-Ixion menjadi yang terlaris dengan penjualan sebanyak 14.420 unit. Di posisi kedua juga masih menjadi milik 'Garpu Tala' dengan All New R15 yang mampu membukukan penjualan sebanyak 8.474 unit.

Meksi kalah di urutan dua teratas, namun Honda mampu mengirim tiga wakilnya untuk lima besar. Honda CB 150 R Street Fire yang berada di posisi ketiga terjual 7.251 unit disusul CBR 150 R dengan penjualan sebanyak 7.241 unit. Lalu posisi lima besar terakhir ditempati Honda Verza dengan 6.204 unit. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya