Kerajaan Bisnis Para Artis

Bintang Pesbukers ANTV
Sumber :
  • Instagram.com/jedarcantik

VIVA.co.id – Sebuah bangunan di Depok, yang hampir semua terbuat dari kaca mendadak ramai dengan antrean orang, terutama kaum wanita. Antrean tersebut mengganggu arus lalu lintas di sekitar Jalan Raya Margonda, Depok. Macet panjang tak bisa dihindari. Polisi pun mendatangi bangunan yang dipenuhi ratusan orang itu.

Jawaban Ayu Ting Ting Ditanya Pilih Raffi atau Boy William

Ternyata, bangunan yang berada di depan jalan raya itu toko kue milik Nagita Slavina. Istri Raffi Ahmad ini dengan sabar melayani pembeli. Gigi sempat kewalahan menghadapi banyaknya pengunjung di hari pertama toko Gigieat Cake dibuka.

Nagita mengakui toko di Depok ini merupakan toko kue pertamanya. Ia berencana akan membuka sejumlah gerai serupa lainnya di kawasan Jakarta dan sekitarnya. “Kami sebenarnya mau di seluruh kota. Cuma mulai dari sini dulu, terus nanti Jakarta dan sekitarnya,” ucapnya.

Ayu Ting Ting Ungkap Pengalaman Buruk di Australia

Sebelum Nagita, sejumlah artis sudah lebih dulu membuka toko kue, sebut saja Laudya Cynthia Bella di Bandung, Shireen Sungkar di Bogor, dan juga sang kakak Zaskia Sungkar di Medan. 

Tanpa malu-malu, Gigi mengungkapkan bahwa bisnis barunya ini dibuka karena ikut-ikutan rekan artis yang lain. Meski demikian, semua dilakukan secara matang dan cermat. 

Ayu Ting Ting: Boy William Sudah Seperti Suami

“Terinspirasi dari dulu suka bikin kue, banyak teman yang ngajakin bikin kue bareng. Terus aku ikut-ikutan deh bikin kue karena emang diajak,” ucapnya. 

“Ya, kami kan mencari peluang bisnis di mana saja. Kayaknya sih sekarang jadi tren baru. Tapi, kalau yang lain kan kebanyakan oleh-oleh, kalau aku toko kue biasa. Intinya kami akan review teruslah kue ini,” ujarnya.

Memiliki toko kue bukan bisnis pertama yang dijalani Gigi. Bersama sang suami, pasangan populer ini membangun kerajaan bisnisnya. Raffi memiliki rumah produksi. Dan saat ini, rumah produksinya sedang sibuk mempersiapkan rilis film, Rafathar.

Pasangan ini juga terus melebarkan sayap kerajaan bisnisnya dengan usaha di bidang fesyen dengan merek RA Jeans, kuliner, dan makanan ringan. Raffi juga mulai berani merambah bidang baru,  e-commerce. Ia bergabung dengan Panaya.id untuk menjaring followers-nya di media sosial guna memasarkan barang-barang yang akan dijualnya.

"Belumlah (disebut sebagai pebisnis), masih jauh. Ini masih belajar, karena kalau bisnis sudah sukses itu kalau sudah 10, 20 tahun, sudah oke," katanya saat ditemui di ICE BSD, Tangerang beberapa waktu lalu.

Raffi juga melirik  bidang properti. Ia memilih membeli sekitar 10 apartemen. Kabarnya, ia menggelontorkan uang Rp10 miliar untuk investasi di bidang properti ini. "Investasi di properti itu tidak akan rugi karena bisa kita sewakan, jual. Seburuk-buruknya enggak akan turun," ujar Raffi. Selain itu, Nagita juga memiliki usaha di bidang kosmetik. Ia menjual masker wajah.

Jatuh Bangun Bisnis Raffi

Meski bisnis yang dijalani Raffi terbilang sukses. Namun, diakui ayah satu orang anak ini, usaha yang digelutinya tak semulus yang dipikirkan banyak orang. Artis ini sempat mengalami jatuh bangun.

Ia sempat ditipu dari ratusan juta hingga miliaran rupiah. Bisnis yang djalaninya juga mengalami kegagalan. Belajar dari pengalaman di masa lalu, Raffi mulai selektif dan hati-hati dalam menjalani bisnisnya. 

"Ya karena sudah merasakan banyak cobaan dulu-dulunya. Sekarang gue jadi lebih selektif lagi nih mencari partner kerja," kata Raffi kepada VIVA.co.id saat ditemui di Studio ANTV, Kuningan, Jakarta Selatan. 

Meski sempat ditipu hingga miliaran rupiah, Raffi tak menyerah begitu saja. Ia tetap menjajal bisnis baru untuk tabungannya di masa depan. 

"Ya semua balik lagi, kalau loe kapok, ya enggak akan maju dong. Jangan takut gagal. Gue dari dahulu sampai umur sekarang masih terus belajar berbisnis. Dan baru-baru ini gue ngerasa lurus gitu bisnis gue," ujarnya.

Ia pun tak pelit ilmu. Raffi berbagi resep suksesnya untuk Nagita dan juga orang-orang di sekitarnya. "Nah, Gigi juga gue ajarin berbisnis biar enggak merasakan gimana rasanya ditipu, hehehe," ungkapnya.

Tak hanya itu, menurut Raffi, agar usaha yang dijalaninya maju dan semakin berkembang, tak perlu takut untuk bersaing.

"Aku tuh enggak pernah takut saingan karena yang namanya rezeki tuh garis tangan, udah ada. Tergantung kita berusahanya saja. Malahan kalau kita ajak orang, insya Allah, ya Allah yang balas semua. Kita bareng-bareng aja," katanya.

Raffi mengungkapkan bekerja keras dan juga menjalani bisnis di masa mudanya, agar dapat menikmati hidup di masa tuanya. "Bisnis memang lagi dipupuk. Aku lagi kencengin diri sendiri. Aku pengen santai-santai saja di masa tua," ujarnya tertawa.

Ayu Ting Ting, si Ratu Kontrakan

Pedangdut Ayu Ting Ting salah satu selebriti yang pintar dalam menginvestasikan pendapatannya sebagai artis. Sejak berkarier sebagai penyanyi dangdut, Ayu menyimpan uangnya dalam bentuk bisnis properti di dekat kediamannya di Depok, Jawa Barat. Bahkan, ia berencana untuk membangun 100 kontrakan. 

"Saya mending banyakin kontrakan deh, 100 pintu, biar disebut ratu kontrakan. Bisnis kontrakan kan enggak ada matinya," ujar Ayu tertawa. 

Seiring berjalannya waktu, Ayu memperlebar sektor usahanya. Ia tak hanya berkecimpung di rumah kontrakan atau kos-kosan, pelantun Geboy Mujair ini mulai berani melirik bisnis yang lain.

Ayu juga menjalankan tempat karaoke keluarga. Ia membuka usahanya tersebut dan berencana memperluasnya keluar kota. Dari situ, pedangdut muda ini juga berbisnis makanan dan minuman. Ia membuat keripik dan olahan kacang, serta minuman dengan berbagai rasa atas namanya. 

Ayu pun mulai merambah bisnis fesyen. Clothing line miliknya itu diberi nama A2t, yang diambil dari nama populernya. Tak tanggung-tanggung, untuk bisnis fesyennya ini, Ayu menggandeng department store terkemuka. Untuk menarik perhatian, Ayu rajin memberikan hadiah untuk pembelinya.

Kini, Ayu kembali memperluas jaringan usahanya. Ayu juga meluncurkan sebuah label perawatan rambut berupa sampo dan kondisioner.

Wanita berusia 24 tahun itu mengatakan, alasannya tertarik terjun di bisnis perawatan rambut karena senang merawat mahkotanya. Untuk merawat rambut indahnya, dia rutin melakukannya di salon.

"Awalnya itu karena aku sangat merawat rambutku, sering ke salon, apalagi kemarin habis diwarnain. Jadi berpikir kenapa enggak buat sampo sendiri saja," kata Ayu saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Setelah ide itu muncul, dia menjelaskan, langsung konsultasi kepada temannya yang merupakan dokter kecantikan. Dengan bantuan  dan dukungan dari temannya tersebut, akhirnya dia memberanikan diri merilis produk perawatan rambut.

Dia mengaku terlibat penuh dalam membuat produk tersebut. Ibu satu anak ini mengatakan membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk memilih bahan dan aroma  sampo yang akan dibuatnya.

"Enggak ada yang tahu aku sibuk ngurusin bisnis sampo ini. Aku turun tangan langsung untuk wanginya," katanya.

Menurutnya, produk perawatan rambut yang dibuatnya bisa membuat rambut kuat, lembut dan halus. Adapun produk sampo dan kondisionernya diberi nama Ayting Shampoo dan Conditioner. 

Ayu menyerahkan bisnisnya kepada keluarganya. Dan proyek perawatan rambut ini dipercayakan kepada adiknya. “Ini yang mengurus adik saya, sama kaya bisnis yang terdahulunya. Semoga sampo ini bisa diterima di masyarakat,” ujar ibu dari Bilqis ini.

Dari pendapatannya sebagai artis dan juga bisnis yang dijalaninya, Ayu menjadi salah satu artis terkaya. Ia tak hanya memiliki rumah yang besar di Depok, tetapi juga deretan mobil mewah yang menghiasi garasi rumahnya. Ayu juga memiliki vila mewah di Puncak, Jawa Barat yang dibeli seharga Rp7 miliar.

Jessica Iskandar

Sadar tak selamanya bertahan di dunia artis, Jessica Iskandar mulai memasang ancang-ancang untuk masa depannya. Jessica mengunakan uang yang didapatkan dari dunia artis sebagai modal usahanya. 

"Awalnya melihat, kita kan manusia pasti selalu berputar. Mungkin sekarang kita berada di posisi nyaman, tapi kan besok-besok kita enggak tahu ada di mana," kata Jessica saat berbincang dengan VIVA.co.id

Jedar mulai mengamati sekitarnya. Ia mengikuti tren yang berkembang sesuai zaman dan juga kemajuan teknologi yang semakin pesat. Jedar selalu mengambil kesempatan yang terbuka untuk berbisnis. "Tapi mikirnya itu yang panjang. Jadi direncanakan secara matang," ujarnya.

Pelan-pelan artis yang akrab disapa Jedar ini membangun kekuatan bisnisnya. Ia memulai dengan bisnis fesyen. Dari situ berkembang lagi dengan membuat kaos kaki anak-anak, yang terinspirasi dari buah hatinya, El Barack. 

Ia pun tertular untuk membangun usaha kuliner. Jika para artis memilih bisnis kue, Jedar berbeda. Ia membuat roti kasur. 

"Karena saya sudah lama suka sama rotinya, langganan. Dan ketika artis ramai-ramai buka cake, aku pilih roti. Dan ternyata bisa kerjasama dengan pemilik rotinya," ujar bintang Dealova ini. 

Jedar melengkapi bisnis roti dengan membuat usaha kopi, yang diberi nama, Jedar Koofee. Ia menjual kopi botolan seharga Rp25 ribu. Kopi tersebut dijual dengan berbagai rasa. Terkadang, tanpa malu Jedar menjajakan kopinya sendiri, terutama saat mengikuti sebuah pameran. Dalam menjalani bisnisnya, Jessica tidak sembarangan. Ia melakukan berbagai pengujian. 

Kini, ia mulai terjun membuat kosmetik dengan namanya sendiri. Jedar yakin bahwa sekarang ini, wanita semakin peduli dengan kecantikan dan penampilannya. 

"Itu ada bulu mata palsu, eye shadow, skin care, masker, body lotion. Ini baru mau jalan, lip matte," ungkapnya.

Berbagai cara dilakukan Jessica untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat. Selain memanfaatkan media sosial, artis berambut panjang ini juga meminta tolong teman-temannya sesama artis dan sosialita untuk mempromosikan produk buatannya. 

Memang tak mudah bagi Jedar menjalani bebagai bisnis yang sedang digelutinya tersebut. Terlebih lagi, di keluarganya tak ada yang tertarik berbisnis. Ia pun rajin mengamati sekitarnya untuk belajar. 

"Belajar pertama dari lingkungan, terus melihat caranya. Terus coba-coba dan modal nekat, kalau enggak modal nekat susah sih, Jadi harus punya jiwa berani, terus positif thinking," ujar Jedar mengungkap rahasia kesuksesannya menjalani bisnis. 

Walau begitu, bukan berati Jedar tak pernah mengalami kegagalan. Namun, ia tak mudah menyerah. "Yang penting optimis dan kerja keras," kata Jedar yang sedang menikmati kesuksesan bisnisnya itu.

Ussy Sulistiawaty Ditolak Toko

Pasangan Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty ini memang pintar dalam mencari celah untuk menghasilkan uang. Mereka kompak berwiraswasta. Berbagai sektor dijalani Ussy dan Andhika untuk memperluas kerajaan bisnisnya. 

Ussy sempat menjalani bisnis sepatu. Ia sendiri yang mendesain sepatu tersebut. Namun, untuk sementara waktu, pesinetron dan presenter ini memilih mengistirahatkan produk sepatunya tersebut.

Ussy fokus dengan usaha busana muslimnya. Selain membuka butik, Ussy juga menjual produk busana muslimnya melalui online. 

Dari situ, Ussy terus memperkuat kerajaan bisnisnya, dengan membuat lini kosmetik. Bisnis ini dijalaninya bersama suaminya, dengan nama Dissy, yang diambil dari singkatan nama mereka. Diakui Ussy, usaha kosmetik yang dijalaninya tak mulus seperti jalan tol. Bahkan, ia pernah ditolak menaruh produknya di sejumlah toko.

Ia mengaku harus jatuh bangun untuk mempromosikan produk kosmetiknya tersebut. Hal ini bukan disebabkan kualitas produknya, melainkan Ussy hanya membuat dua produk, body lotion dan sabun, sehingga toko tak bersedia menjual kosmetik buatannya. "Memiliki nama besar itu tak menjamin," kata Ussy. 

Ussy menggunakan modal yang besar untuk bisnis kosmetiknya. Ia pun tak menyerah. Pilihan terakhir memasarkannya melalui Instagram. Dari situlah pembeli mulai berdatangan. 

Kini, Ussy sudah memiliki reseller. Bahkan, produknya juga sudah sampai ke beberapa negara di Asia. 

Ussy pun terus membesarkan usahanya. Dari ksometik, Ussy mengincar bisnis kuliner. Hanya saja, pelantun Klik ini memilih berbisnis kuliner di daerah. Cirebon menjadi pilihannya. Ia membuka toko oleh-oleh di kota udang tersebut. 

Terus melangkah, Andhika dan Ussy memilih bisnis yang cukup menguras uang. Keduanya memilih menginvestasikan uang di bidang properti. Pasangan ini sedang membangun cluster minimalis di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Ussy mengaku lebih menyerahkan bisnis ini kepada suaminya, terutama soal konsepnya. "Ini minimalis tropis konsepnya, dan hanya ada sembilan rumah," ujar Andhika.

Energi Bisnis Syahrini

Sukses dengan karier menyanyi, Syahrini kini fokus mengurus bidang lainnya. Ia beralih ke dunia bisnis. Syahrini memulai bisnis dengan menginvestasikan uang di bidang properti. 

Setelah itu, ia mengembangkan bidang usahanya dengan membuka usaha karaoke. Belum merasa puas, Syahrini sibuk merilis bulu mata palsu. Ia berharap suatu hari nanti, bulu mata palsu yang diproduksinya itu akan mendunia.

"Itu kami produksi untuk bisa dipakai para selebriti dunia. Nantinya, ini akan diekspor dan Madonna, Beyonce, Rihanna, harus pakai bulu mata ini," ujar Syahrini.

Bulu mata palsu dengan merek, Princess Syahrini Lashes by D'Eyeko diciptakan sendiri oleh Syahrini, yang bekerja sama dengan perusahaan kecantikan D'Eyeko. 

"Semua yang namain aku, aku yang desain juga. Jadi, industri karyaku yang riil ada di sini. Aku produksi, aku pun memakainya," ujarnya.

Kini, Syahrini juga mengikuti tren yang sedang berkembang di kalangan selebriti Tanah Air, yakni menjual kue. Pertama kali, ia membuka toko kuenya di Bandung, dengan nama Princess Cake. Kue Syahrini ini kabarnya laris manis. Dan informasinya, dalam sehari, toko kue milik pelantun Sesuatu ini menjual 2.500 kue. Dan menghasilkan sekitar Rp200 juta sehari. 

Tak heran, penyanyi yang terkenal dengan penampilan glamor dan pengoleksi barang-barang mewah ini, membuka toko keduanya di Bogor, Jawa Barat. 

Mantan teman duet Anang Hermansyah ini terinspirasi membuka toko kue setelah pulang berlibur dari Jepang. "Bentuk kuenya lucu-lucu dan nikmat," kata Syahrini dengan gayanya yang manja.

Hanya hitungan hari, Syahrini meresmikan bisnis terbarunya. Kali ini, penyanyi berdarah Sunda tersebut menjual parfum dengan kemasan yang mewah. "Momennya lagi enak. Energi berbisnis aku juga enak, karena nanti akan merayakan 10 tahun di entertaiment," ujarnya saat ditemui di Plaza Indonesia. 

Syahrini berkisah bahwa parfum ini adalah impiannya sejak dua tahun lalu. Ia bekerja keras untuk mewujudkan mimpinya itu. Bahkan, Syahrini rajin bolak-balik ke Eropa demi parfumnya tersebut. "Untuk melakukan riset," ujarnya.

Syahrini terkenal dengan segala sesuatu yang terkesan mewah nan glamour. Bahkan untuk si mungil yang wangi ini tak lepas dari kategori mewah. Ya, ada hiasan swarovski yang asli menghiasi inisial nama SYR pada tutup botol parfum yang dijual seharga Rp350 ribu itu.

Syahrini menjelaskan bahwa produk parfum yang dibuatnya itu juga akan dijual di negara lain. "Bisnis enggak boleh ketinggalan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya