Koleksi Mobil Mewah Artis Tunggak Pajak

Raffi Ahmad dan mobil mewah.
Sumber :
  • Twitter Raditya Dika @radityadika

VIVA.co.id –  Mengenakan baju berwarna putih, Bella Shofie turun dari mobil Toyota Vellfire miliknya. Ia berjalan ke sebuah gedung. Bella memang sering memamerkan mobil-mobil mewahnya di media sosial. Tak hanya Vellfire, ia juga terlihat memajang foto saat berpose di mobil sport merah berharga fantastis. 

Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Bella bukan satu-satunya artis yang gemar memamerkan mobil mewahnya di Instagram, atau akun media sosial lainnya. Raffi Ahmad juga sering berpose dengan koleksi mobil mewahnya yang harganya ratusan juta hingga miliaran rupiah. 

Begitu juga dengan Syahrini. Beberapa kali, artis ini terlihat berfoto dengan mobil sport mewah. Bahkan, di salah satu gambar akun Instagram miliknya, Syahrini tampak asyik duduk di atas mobil Mercedes Benz SLK-Class Convertible berwarna putih. Disebut-sebut mobil ini seharga Rp1 miliar.

Bukan dari Palestina, Merry Asisten Raffi Ahmad Ungkap Asal-usul Bayi Lily di Keluarga Andara

Belakangan ini, koleksi mobil mewah para selebriti tersebut menjadi sorotan Ditjen Pajak. Bahkan, akun Twitter @DitjenPajak, sempat mengirimkan pesan kepada Raditya Dika, agar mengingatkan Raffi Ahmad untuk melaporkan penambahan hartanya.

Akun Ditjen Pajak melakukan hal tersebut, karena melihat Raffi dan Raditya berfoto dengan mobil supercar Koenigsegg di kediaman suami Nagita Slavina tersebut.

Nagita Slavina Dikritik karena Beri Makanan dan Minuman Bekas ke Pengasuh, Begini Reaksi Rafathar

Namun, berdasarkan data dari Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, mengungkapkan bahwa sejumlah artis pajak kendaraannya sudah habis. Mereka juga mendata pajak mobil mewah para artis Tanah Air tersebut. 

Berdasarkan data itu, terdapat nama-nama artis yang menunggak pajak, seperti Raffi Ahmad, Bella Shofie, Anjasmara, Tukul Arwana, dan Ahmad Dhani, serta beberapa artis lainnya. 

Mobil mewah Raffi tercecer di rumah tetangga

Dalam menangani kasus tunggakan pajak mobil mewah, termasuk milik para artis, BPRD DKI Jakarta langsung bergerak cepat. Selasa 22 Agustus 2017, mereka langsung mendatangi rumah para artis yang memiliki mobil mewah dan belum membayar pajaknya. 

Operasi door to door ini langsung dipimpin Kepala BPRD DKI Jakarta Edi Sumantri dan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagarra dan jajarannya.

"Kami akan mendatangi rumah empat, atau enam pemilik kendaraan mewah. Mereka adalah public figure. Kedatangan kami untuk menagih, sekaligus mengingatkan mereka untuk segera membayar pajak mobil mewah mereka," kata Edi. 

Mereka dengan gerak cepat menuju ke kediaman Raffi Ahmad di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan. Saat mendatangi rumah artis serba bisa tersebut, pihak BPRD juga membawa daftar kendaraan milik Raffi dan keluarganya yang masih menunggak pajak. 

Ketika tiba di kediaman Raffi, Edi dan Halim menemukan mobil mewah yang diparkir bukan di rumah Raffi. Mobil tersebut adalah Lamborghini dan Rolls-Royce berkelir hitam. 

"Kita temukan di luar rumah, ada yang di rumah tetangga, di samping masjid," ujar Halim di Markas Polda Metro Jaya, . 

Sayangnya, saat itu, Raffi dan Nagita tidak ada di kediamannya tersebut. Menurut pihak yang menjaga rumah Raffi, sang artis dan Nagita sedang syuting di sebuah stasiun televisi swasta. 

Raffi adalah artis yang memiliki jumlah kendaraan tunggak pajak paling banyak. Ada 13 kendaraan mewah Raffi dan keluarga yang masih belum dibayarkan pajaknya.

Setelah dari kediaman Raffi, tim BPRD dan Kepolisian langsung menyasar ke apartemen Syahrini di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan. Mereka memeriksa mobil mewah milik Syahrini di parkiran. Namun, mereka tak menemukannya. Syahrini juga sedang tidak berada di apartemennya tersebut.

Menurut Halim, di apartemen mewah itu tinggal beberapa artis yang juga memiliki kendaraan mewah, namun menunggak Pajak Kendaraan Bermotor.

"Apartemen Permata Hijau, ada beberapa artis di sana. Ada sekitar 40 persen yang tertunggak pajak di sana," ujar Halim lagi. 

Hanya saja, Halim tak bisa membocorkan para artis yang tinggal di apartemen tersebut yang menunggak pajak. "Datanya ada di pajak, saya hanya mendampingi saja," ucapnya.

Berikutnya, mobil mewah artis yang tunggak pajak>>>

Mobil mewah artis yang tunggak pajak

Di antara para artis, Raffi Ahmad yang paling banyak memiliki kendaraan yang belum dibayar pajaknya. Kendaraan mewah milik Raffi tersebut terdiri dari Toyota Alphard, Maserati Granturismo yang terdaftar atas nama Nagita Slavina. Ada juga Toyota Fortuner, yang terdaftar atas nama adik Raffi, Syahnaz Shaadiqa. 

Sementara itu, terdapat juga Ducati Diavel atas nama adiknya, Annisa Saadiyah. Motor ini belum dibayar pajak sejak Februari 2017. 

Sedangkan Ducati Superbike 1199 ini terdaftar atas nama Raffi Ahmad. Motor tersebut tak dibayar pajaknya sejak tahun lalu. Ada juga Ducati Hypermortad. Kendaraan roda dua ini juga belum dibayar pajaknya sejak tahun lalu.

Tercatat juga mobil sedan BMW tipe 3181 MT, yang belum dibayar pajaknya sejak Juni 2016. Kemudian, Honda CRV diketahui menunggak pajak sejak Januari 2017. Dan, tercatat juga dua motor Scoopy dan vespa Piaggio.

Sementara itu, aris Bella Shofie diketahui memiliki dua mobil mewah yang masih menunggak pajaknya, Vellfire dan Ferrari yang tidak terdaftar. 

Kasus yang sama menimpa artis Roro Fitria. Ia juga belum membayar pajak mobil Porsche Boxter miliknya sejak tahun 2015 lalu.

Pasangan artis Dian Nitami dan juga Anjasmara, termasuk yang menunggak pajak sejumlah kendaraan miliknya. Kendaraan atas nama Anjasmara terdiri dari Toyota Fortuner, Kijang Innova, dan motor Honda S90. 

Selanjutnya, terancam disita>>>

Terancam disita

BPRD DKI Jakarta merilis sebanyak 1.700 mobil mewah, menunggak Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Kepala BPRD DKI, Edi Sumantri mengatakan, sebanyak 900 mobil mewah tersebut berharga jual di atas Rp2 miliar dan 800 ratus mobil dengan kisaran harga Rp1 miliar. Beberapa di antaranya disebut milik publik figur. 

"Potensi pajak yang tertunggak mencapai Rp400 miliar," kata Edi di kantornya, Jakarta. 

Khusus untuk Raffi, diperkirakan pajak mobil mewahnya hingga ratusan juta. Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id, nilai jual kendaraan bermotor Lamborghini Aventador milik Raffi mencapai Rp5 miliar. Pajak per tahun yang harus dibayar untuk mobil buatan Italia itu, yakni sekitar Rp120 juta.

Raffi juga memiliki satu unit mobil Range Rover Sport, yang Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB)nya sekitar Rp2 miliar. Biaya yang harus dikeluarkan untuk  membayar pajak mobil ini adalah sekitar Rp40 juta.

Satu mobil mewah milik Raffi yang kerap jadi sorotan, yakni Rolls-Royce berkelir hitam. Menurut data Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemprov DKI Jakarta, NJKB mobil tersebut mencapai Rp2,8 miliar. Pajaknya kurang lebih Rp56 juta per tahun.

Sementara itu, beberapa koleksi motor gede Raffi harganya berkisar Rp100-200 juta. Pajak per tahun untuk moge-moge itu kurang lebih Rp2-4 juta. Jika ditotal, kira-kira pajak yang harus dibayar Raffi per tahun untuk kendaraan yang ia miliki sekitar Rp200 jutaan.

Namun, belum semua kendaraan miliknya masuk dalam daftar di atas. Raffi juga dikabarkan memiliki mobil Chrysler 300 yang pajaknya sekitar Rp16 juta per tahun, Toyota Alphard dengan pajak Rp15 juta per tahun, dan Mercedes-Benz dengan pajak kurang lebih Rp25 juta per tahun.

Sementara itu, Kepala BPRD DKI Jakarta Edi Sumantri meminta, agar para artis dan pemilik mobil mewah lainnya untuk segera membayar pajak. Hingga 31 Agustus 2017 mendatang, Dinas Pajak menghapus bunga denda pajak.

"Pada kesempatan ini kami imbau, jangan sampai kami datangi akan lebih baik taati kepatuhan, target semua untuk mobil mewah Rp400 miliar," ujar Edi dalam wawancara dengan TvOne, Rabu 23 Agustus 2017.

Dia pun mengungkapkan, untuk satu mobil mewah diperkirakan bisa dikenakan pajak tahunan sekitar Rp200 juta. "Untuk Lamborghini misalnya harganya Rp13,5 miliar, pajak tahunnya bisa sampai Rp227 juta," ujarnya.

Menurut data yang ia miliki, ada mobil Ferrari yang tidak bayar pajak dari tahun 2012 hingga 2017. Ia mengimbau, agar para pemilik mobil mewah melakukan pembayaran sebelum tanggal 31 Agustus 2017 untuk mendapatkan pemutihan terhadap sanksi pajak.

"Kalau sudah lewat tanggal segitu, kami akan gencar mengunjungi rumah pemilik secara satu per satu untuk menagih pembayaran pajak, sekaligus bunga sanksinya," kata Edi. 

Tak hanya itu, mobil mewah milik para selebriti itu juga terancam disita. Hal itu diungkapkan Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Halim Pagarra. Ia menyatakan, bila tidak membayar hingga 31 Agustus 2017 mendatang, ia mendapatkan informasi bisa saja dilakukan penyitaan terhadap kendaraan itu oleh pihak BPRD. Informasi tersebut, ia dapat dari pihak BPRD ketika mendampingi mereka melakukan door to door kemarin.

"Saya dengar dari Badan Pajak, kalau sampai tanggal 31 ini tidak bayar pajak dan denda akan dilakukan penyitaan," ucap dia di Markas Polda Metro Jaya, Rabu 23 Agustus 2017.

Dalam kesempatan itu, ia juga menegaskan bahwa suatu kendaraan mati pajak kendaraannya, maka kendaraan tersebut bisa ditilang ketika melaju di jalan raya.

Meski itu kendaraan mewah sekal ipun, bila pajak kendaraannya bermotornya menunggak, kendaraan tersebut tidak bisa digunakan di jalan raya. Dengan demikian, ia mengingatkan warga Jakarta, termasuk para pemilik kendaraan mewah yang masih menunggak pajak kendaraan mereka untuk segera membayar PKB mereka.

"Makanya, kita berikan sosialisasi dulu segera bayar pajak. Seandainya dia jalan di jalan raya, langsung kita tilang," ucap Halim.

Berikutnya, penjelasan artis>>>

Penjelasan artis

Artis pemilik mobil mewah yang menunggak pajak sedang menjadi sorotan. Bahkan, banyak pula warganet yang meminta para artis ini untuk segera bayar, dan jangan hanya bisa pamer mobil mewahnya ke publik. 

Satu persatu para artis yang namanya masuk dalam daftar penunggak pajak kendaraan mewah langsung angkat bicara.

Ahmad Dhani yang juga namanya disebutkan mengaku tak khawatir. Ia merasa tak memiliki mobil mewah. "Kalau saya tidak punya mobil mewah. Kalau pun ada, tunggakan (kendaraannya) akan kecil, karena saya tidak punya mobil mewah," katanya, saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 23 Agustus 2017.

"Pasti orang pajaknya salah, saya enggak punya mobil mewah. Pernah lihat enggak saya pakai mobil mewah, hahahaha," tambah Dhani. 

Ia mengaku hanya memiliki tiga mobil, yakni Toyota Alphard tahun 2003, Hummer H3m, dan Chrysler. Sementara itu, Dhani menjelaskan bahwa dia telah melunasi tax amnesty pada awal 2016.

Sedangkan Syahrini yang apartemennya sempat didatangi pihak BPRD DKI dan Kepolisian dari Polda Metro Jaya menolak untuk berkomentar. Diwakili manajernya yang juga adiknya, Rani, mengaku enggan berkomentar. Ia hanya mengucapkan terima kasih dan menutup teleponnya. 

Sementara itu, Raffi dan keluarga yang paling banyak disorot dalam kasus ini juga langsung memberikan klarifikasinya. Raffi memberikan penjelasan melalui sebuah video yang diunggah dalam akun Instagram miliknya. 

"Selamat , saya Raffi Ahmad saya mau klarifikasi mengenai pemberitaan yg sedang beredar saat ini mengenai masalah pajak mobil saya dan saat petugas kerumah saya sedang berada di lokasi shooting , sebagai warga negara indonesia saya sangat taat wajib pajak patuh pajak & bayar," tulisnya di keterangan unggahan tersebut.

Yang ditulis Raffi dalam keterangan foto pun tidak jauh berbeda dengan apa yang ia sampaikan dalam video tersebut. Ia mengaku sebagai warga negara yang baik patuh dan taat mebayar pajak. 

"Keluarga kami, saya Raffi Ahmad dan Nagita Slavina untuk semua kendaraan mobil kita patuh pajak, kita semua membayar dan perihal mobil yang jatuh tempo bulan ini semua dalam pengurusan. Soal motor ada beberapa motor atau mobil yang mungkin sudah kita jual di dua atau tiga tahun lalu tapi kita mungkin belum lapor untuk blokir saja," kata dia dalam video tersebut. 

Kepada khalayak Raffi menganggap bahwa pemberitaan mengenai dirinya terlalu heboh. Ia meminta untuk tidak begitu saja percaya dengan pemberitaan yang ada.

"Untuk pemberitaan di luar sana mungkin terlalu heboh. Jadi kita klarifikasi saja, sebagai warga negara yang baik kita pasti bayar pajak dan kita akan patuh untuk membayar pajak, terima kasih. Jangan dengarkan berita yang terlalu heboh, terima kasih," ujarnya.

Dalam keterangan unggahannya pun, tak lupa Raffi mengajak para warganet untuk patuh dan taat membayar pajak. 

"Mari kita semua membantu pemerintah provinsi DKI Jakarta dengan membayar pajak kendaraan bermotor yg masih kita miliki. Trimakasih," tulisnya. 

Tukul yang juga sempat disebut-sebut namanya membantah dengan tegas soal menunggak pajak kendaraan. "Kalau aku, Alhamdulillah selalu nurut sama pemerintah Indonesia. Aturan-aturan itu diikuti, NPWP harus punya, STNK harus punya, SIM harus punya. Karena, saya termasuk cover boy yang taat pajak dan taat pemerintah," ujarnya.

Sementara itu, Bella Shofie dan Roro Fitria masih belum mengangkat teleponnnya. Begitu juga, saat dikirimkan pesan singkat, kedua artis ini juga tak memberikan respons.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya