Mudik Gaya dengan Mobil – VIVA
Download Our Application
A Group Member of VIVA
img-thumb

viva.co.id

  • Sabtu, 2 Juni 2018 | 09:26 WIB
  • Mudik Gaya dengan Mobil

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Dian Tami,
    • Pius Yosep Mali,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Mobil bekas yang dijual pada ajang Bazaar Mobil Bekas di JX International Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur
Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Mobil bekas yang dijual pada ajang Bazaar Mobil Bekas di JX International Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur

VIVA – Pekan Raya Jakarta 2018 pada Selasa malam 29 Mei kemarin, begitu padat pengunjung. Apalagi cuaca malam itu begitu cerah, langit tampak jernih berhiaskan bintang-bintang.

Untuk bisa masuk ke dalam area JIExpo Kemayoran, pengunjung yang membawa kendaraan mobil harus rela antre hingga 15 menit, sebelum akhirnya mendapatkan ruang parkir.

Suasana di dalam area pameran tidak kalah meriah. Ingar-bingar musik dari berbagai stan berpadu dengan teriakan lantang penjaja minuman dingin yang berseliweran tanpa henti.

Dari semua stan yang ada, ruang pamer produk otomotif menjadi salah satu yang banyak disambangi pengunjung. Bertempat di Hall B, ruang ini diisi oleh berbagai produk, mulai dari kendaraan hingga penyedia komponen.

Beberapa agen pemegang merek yang membutuhkan ruang lebih besar, memilih area luar untuk mendirikan stan mereka. Di antaranya Suzuki, Yamaha dan Datsun.

Para wiraniaga masing-masing stan saling mengeluarkan ‘jurus’ terbaik mereka untuk merayu pengunjung, agar mau sekadar melihat produk yang ditawarkan, sembari berharap promo yang disediakan mampu memikat mereka.

“Kami berikan diskon untuk Datsun GO hatchback CVT Rp5 juta, GO+ Panca yang baru Rp5 juta juga,” kata wiraniaga Datsun yang enggan disebut namanya kepada VIVA.

New Datsun GO+

Mobil Datsun GO+ saat dipamerkan di Jakarta beberapa waktu lalu. (VIVA/Jeffry Yanto)

Tak hanya diskon, pabrikan juga menebar promo pada pengunjung. Selama pameran itu berlangsung, pembeli mobil Datsun berhak mendapat kesempatan memenangkan undian atau disebut lucky dip.

“Lucky dip berupa uang dan nilai terbesarnya Rp10 juta. Nantinya bisa dimanfaatkan sebagai cash back untuk potongan harga di Total Down Payment (TDP) atau harga mobilnya,” ujar dia.

Promo juga ditawarkan stan Daihatsu yang berada di Hall B. Bahkan, nilainya mencapai puluhan juta rupiah.

“Diskon kami selama pameran, untuk semua varian Xenia Rp24 juta, kalau mau lebih kita bicarakan lagi. Yang jelas unitnya cepat turun, kami bisa kasih sebelum mudik Lebaran,” ujar wiraniaga Daihatsu yang enggan disebut namanya kepada VIVA.

“Kami kasih bonus juga e-toll Rp1 juta setelah SPK (surat pemesanan kendaraan). Aksesori kami kasih lengkap, mulai dari sarung jok, karpet dasar, pelapis karat untuk kolong mobil yang kita tambah dari bawaan pabrik, dan kaca film 60-40 persen,” ujarnya menambahkan.

Pameran seperti PRJ dimanfaatkan diler mobil untuk menaikkan angka penjualan, karena banyak yang membutuhkan kendaraan untuk mudik. Hal ini bisa dilihat dari data penjualan yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo.

Di 2016, penjualan mobil pada satu bulan sebelum Lebaran naik sebanyak tiga persen dari bulan sebelumnya. Hal yang sama juga terjadi di 2017, dengan kenaikan sebesar empat persen.