Pembangunan SDM Jadi Fokus Penggunaan Dana Desa Lima Tahun ke Depan
Senin, 1 April 2019 | 11:53 WIB

Pembangunan SDM Jadi Fokus Penggunaan Dana Desa Lima Tahun ke Depan

Pembangunan SDM merupakan investasi jangka panjang suatu bangsa. 
Seorang instruktur memberikan pelatihan kepada ibu-ibu dan remaja putri di Desa Gampong, Blang Reuling, Kota Juang, Bireuen, Aceh.
Photo :

Seorang instruktur memberikan pelatihan kepada ibu-ibu dan remaja putri di Desa Gampong, Blang Reuling, Kota Juang, Bireuen, Aceh.

Mulai tahun 2019, desa yang sudah memiliki infrastruktur yang dirasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya dapat mengalihkan Dana Desa ke pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa agar pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat desa juga turut meningkat.

Beberapa hal perlu menjadi perhatian untuk menjaga Dana Desa agar dapat terus berputar di desa. Salah satunya adalah meningkatkan penggunaan sumber daya di desa, termasuk untuk penggunaan sumber daya manusia (SDM). 

Diharapkan tumbuhnya kesadaran Pemerintahan Desa sebagai bentuk kesadaran akan pentingnya pemberdayaan sumber daya manusia. Diharapkan pula para perangkat Pemerintahan Desa dapat mengalokasikan Dana Desa untuk pembangunan SDM yang berkelanjutan.

Pembangunan dan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di desa merupakan program prioritas penggunaan Dana Desa ke depan. Seperti diketahui, pembangunan SDM merupakan investasi jangka panjang suatu bangsa. 

Selain pembangunan di bidang infrastruktur dan SDM, Dana Desa juga digunakan untuk mengembangkan ekonomi masyarakat. Pengembangan ekonomi desa bisa dilakukan melalui pelatihan dan pemasaran kerajinan masyarakat, pengembangan usaha peternakan dan perikanan, dan pengembangan kawasan wisata melalui BUMDes.

Pembangunan pada SDM menjadi tahapan besar Pemerintah Pusat yang juga akan diimplementasikan di desa. Tak heran, kalau kemudian Presiden mengatakan bahwa dalam APBN 2019 Pemerintah akan masuk pada tahapan besar kedua setelah infrastruktur, yakni pada pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Artikel Terpopuler