Desa Lalang Sembawa Juara I Desa Sehat Berkat Pemekaran Dusun
Selasa, 16 April 2019 | 12:32 WIB

Desa Lalang Sembawa Juara I Desa Sehat Berkat Pemekaran Dusun

Juara I Tingkat Nasional tahun 2016.
Dusun II, Desa Lalang Sembawa, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.
Photo :

Dusun II, Desa Lalang Sembawa, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Semua pasti sudah tak asing dengan kutipan “mens sana in corpore sano” yang berarti “dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Hal itu menunjukkan bahwa kesehatan menjadi salah satu faktor utama pembentuk manusia yang berkualitas.

Kesehatan manusia dibentuk oleh beberapa hal, seperti makanan yang seimbang dan lingkungan yang sehat. Namun, meski tubuh menyantap makanan yang sehat tetapi masih hidup di lingkungan yang tidak sehat, maka tubuh sehat pun tak akan didapat.

Berdasarkan laporan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), akibat lingkungan yang tidak sehat sekitar 12,6 juta jiwa meninggal setiap tahunnya. Keadaan ini menggambarkan dampak dari hidup dan bekerja di kondisi lingkungan yang buruk.

Anak-anak dan orang dewasa yang berumur antara 50-75 tahun paling merasakan dampak buruk lingkungan yang tidak sehat, sementara 1,7 juta jiwa anak balita menderita akibat penyakit menular dan penyakit akibat lingkungan yang buruk.

Keadaan lingkungan yang buruk dan berpotensi menimbulkan penyakit seperti gambaran di atas sempat terjadi di Dusun II, Desa Lalang Sembawa, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Sebagian daerah di Dusun II Desa Lalang Sembawa menghadapi masalah sanitasi karena tidak seluruh rumah memiliki jamban.

Pencemaran Udara. Jamban yang bisa digunakan secara bersama-sama memang sudah tersedia, tetapi kondisinya tidak layak sehingga warga lebih memilih buang air besar di sembarang tempat. Kotoran manusia yang ada di banyak tempat tentu menimbulkan bau sehingga menyebabkan udara tercemar.

Wilayah yang menghadapi masalah sanitasi itu dihuni oleh warga yang umumnya tak memiliki pekerjaan tetap dan kurang memperhatikan masalah kesehatan. Meski dusun tersebut letaknya tidak jauh dari pusat desa, hanya berjarak sekitar 2,7 km, namun infrastruktur jalan ke sana masih tidak bagus.

Artikel Terpopuler