Penerapan Pola Hidup Sehat pada Anak di Desa Sumber Mulyo - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 28 Agustus 2019 | 11:00 WIB

Penerapan Pola Hidup Sehat pada Anak di Desa Sumber Mulyo

Para wali murid ikut berperan aktif dalam membuat makanan sehat.
Kegiatan makan sehat di PAUD Desa Sumber Mulyo.
Photo :

Kegiatan makan sehat di PAUD Desa Sumber Mulyo.

VIVA – Perhatian orang tua pada anak ternyata tidak hanya sebatas saat di rumah saja. Nyatanya, peran aktif orang tua atau wali murid juga dibutuhkan ketika anak-anak mereka berada di sekolah. 

Hal ini seperti dilakukan oleh para orang tua atau wali murid dari anak-anak yang mengenyam pendidikan sejak usia dini atau PAUD di Desa Sumber Mulya, Kecamatan Mesuji Makmur, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Di Desa ini, para wali murid ikut berperan aktif dalam membuat dan menyediakan makanan sehat untuk anak-anak mereka saat belajar di PAUD. 

Ide menerapkan pola hidup sehat di PAUD ini muncul dilatarbelakangi oleh maraknya makanan atau jajanan yang tidak sehat disekeliling anak- anak, sehingga mengakibatkan masalah kesehatan dan kecerdasan pada anak. 

Desa Sumber Mulyo adalah desa terkecil di Mesuji Makmur dan di bagi menjadi empat dusun di mana mata pencarian sehari-hari sebagian besar warganya adalah bertani. Kondisi masyarakat yang sedemikian rupa terkadang membuat orang tua tidak memperhatikan dengan apa yang di konsumsi oleh anaknya ketika sedang berada di sekolah. 

“Anak-anak yang berada di lingkungan PAUD ini mudah sekali untuk membeli makanan atau jajajan yang tidak sehat,” kata Baba Arista Kepala Desa Sumber Mulyo saat dihubungi tim Viva melalui telepon selular. 

Baba menjelaskan bahwa kondisi lingkungan yang seperti ini menumbuhkan kegundahan di kalangan para guru dan orang tua siswa. “Jadi muncullah ide untuk mendapatkan makanan sehat yang mudah di dapat dan itu bisa di dapat oleh orang tua atau wali murid sendiri,” ujar Baba.

Sebelum inovasi ini dilaksanakan, Baba juga menjelaskan bahwa pihak desa, yang diwakili oleh Kepala Desa dan Kepala Sekolah PAUD terlebih dahulu melakukan sosialisasi kebijakan yang sudah di sepakati dalam musyawarah desa. “Pelaksanaannya kegiatan tersebut melibatkan peran aktif dari Kepala Sekolah, Guru dan juga Wali Murid,” jelasnya.

Alokasi dana desa juga membantu terlaksananya kegiatan ini. “Kegiatan ini menggunakan Dana Desa untuk honor Guru PAUD Rp 100 ribu perbulan,” kata Baba. 

Dari hasil kegiatan yang melibatkan Kepala Desa hingga orang tua murid ini, kini para siswa terbiasa mengkonsumsi makanan sehat serta membangun kesadaran pentingnya hidup sehat. 

“Ya, sekarang para siswa jadi sudah biasa untuk makan makanan yang sehat yang dibuat oleh orang tuanya.  Nafsu makan anak-anak juga tetap tinggi,” ujar Baba.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadi langkah awal terciptanya sumber daya manusia yang unggul dan cerdas. Terlebih dengan terlibatnya peran orang tua dan semua pihak yang berpengaruh pada tumbuh kembang sang anak. 

Kegiatan dari Desa Sumber Mulyo ini diharapkan dapat melahirkan pola relasi antar masyarakat untuk menciptakan generasi bangsa yang lebih baik.

 

Saksikan Juga

Pro Kontra UU KPK, Massa yang Tolak dan Dukung Saling Demo

TVONE NEWS - 10 jam lalu
loading...
Muat Lainnya...