Mengenal M-Desa, Aplikasi Android Karya Anak Desa Puri Kangin - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Kamis, 29 Agustus 2019 | 11:00 WIB

Mengenal M-Desa, Aplikasi Android Karya Anak Desa Puri Kangin

Pelayanan masyarakat Desa Kangin kini menjadi lebih mudah dan cepat.
Perbekel (Kepala Desa) Desa Dangin Puri Kangin Ngurah Putrawan (Kanan).
Photo :

Perbekel (Kepala Desa) Desa Dangin Puri Kangin Ngurah Putrawan (Kanan).

VIVA – Salah satu desa di Provinsi Bali, Desa Dangin Puri Kangin sempat ramai dibicarakan, bukan hanya oleh masyarakat sekitar, tapi juga masyarakat internasional. Pasalnya, desa yang terletak di Kecamatan Denpasar Utara Kota Denpasar Provinsi Bali itu berhasil melakukan inovasi di bidang teknologi informasi (IT) berupa aplikasi android yang diberi nama M-Desa Dangri Kangin. 

Desa Dangin Puri Kangin merupakan desa yang terletak di jantung Kota Denpasar sehingga bisa dikatakan “Berdesa di Kota”. Mayoritas masyarakatnya bergerak dibidang perdagangan dan jasa. Sehingga tidak sedikit masyarakat yang menjadikan waktu sebagai hal penting, terlebih jika berkaitan dengan pengurusan administrasi dan informasi desa lainnya. 

Menyadari pentingnya waktu dan proses yang cepat dalam mengurus administrasi dan akses  terkait informasi desa, Ngurah Putrawan Kepala Desa Puri Kangin pun melibatkan teknologi komunikasi dalam penyelesaian masalah ini di desanya. 

“Ide awal membentuk aplikasi ini adalah untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat dan teknologi komunikasi menjadi keharusan dalam mengatasi keterbatasan waktu yang dimiliki masyarakat sini,” jelasnya saat dihubungi tim Viva melalui telepon selular. 

Menurut Ngurah, dapat memberikan pelayanan terbaik yang optimal adalah tugas dan tanggung jawab dia sebagai Kepala Desa. 

"Pertama kami berpikir ke depan dengan revolusi industri 4.0 perubahan mendasar yang membuat perubahan maksimal. Kami punya tagline pelayanan yang tulus menyejahterakan dengan situs online masyarakat tidak perlu antre. Luas kantor kami kurang dari 1 area itu yang mendasari kami membuat program aplikasi ini, mudah, online, cepat, gratis," lanjutnya. 

Kemudian solusi melalui teknologi IT ini dituangkan di RPJMDesa digital pada tanggal 13 November 2013. 

"Tahapannya untuk proses pembuatan M-Desa mulai merancang 2013 visi-misi kami selaku kades, digitalisasi, langkah big data harus benar. One data, one management, one budget itu satu kesatuan yang jadi role model dalam perancangannya. Masyarakat antusias karena bisa didownload di mana saja dan kapan saja," sambungnya.

Setelah dituangkan dalam RPJMDesa, kemudian dilanjutkan dengan paparan tenaga IT desa di hadapan pemerintahan desa & BPD terkait teknologi aplikasi android. “Gagasan ini dapat sambutan positif untuk direalisasikan dan mendapat anggaran dalam APBDes 2017,” katanya.

Ngurah juga menambahkan dengan aplikasi tersebut kini kantor desanya menjadi lebih sepi. Warga yang sudah memasukkan aplikasi lewat online bisa menunggu surat tersebut di rumahnya. 

"Yang jelas penerapan ini kantor desa kami sepi, pelayanan kami kan ada kepala wilayah, diantar ke rumah, (jadi) lebih nyaman. Kami ketemu di medsos, rundown dari kegiatan desa diharapkan masyarakat peduli desa berbasis digitalisasi," terangnya. 

Adanya aplikasi android “M-Desa Dangri Kangin” yang dapat didownload di google playstore membuat pelayanan masyarakat Desa Dangri Kangin kini menjadi lebih mudah dan cepat karena informasi bisa dilakukan hanya lewat handphone dan respon dari perangkat desa menjadi lebih cepat juga. Aplikasi M-Desa Dangri Kangin memilik 9 fitur seperti: Layanan Surat, Cek BPJS Anda, BPJS Ketenagakerjaan, Peta Desa, Galeri Desa, Produk Bumdes, Link Radio Desa, Link Website Desa & Info Rumah Sakit Mata Bali Mandara.

Bahkan, beberapa delegasi IMF-World Bank pernah menyambangi langsung Desa Dangri Kangin untuk melihat langsung aplikasi android M-Desa ini. 

 

Saksikan Juga

Pengalihan Lalu Lintas Jelang Pelantikan Presiden

TVONE NEWS - 21 menit lalu
loading...
Muat Lainnya...