Desa Padang Genting Cerdaskan Warga dengan ‘Perpustakaan Digital’
Jumat, 30 Agustus 2019 | 11:00 WIB

Desa Padang Genting Cerdaskan Warga dengan ‘Perpustakaan Digital’

Untuk mengakses beragam informasi dan pengetahuan.
Anak-anak di Perpustakaan Desa Padang Genting
Photo :
  • Desa Padang Genting

Anak-anak di Perpustakaan Desa Padang Genting

Seiring perkembangan teknologi di era modern, internet kini bisa dikategorikan sebagai kebutuhan primer. Melihat manfaat yang diberikan, seperti menunjang kinerja dan memudahkan pencarian informasi terkini. Internet sudah digunakan di berbagai bidang, mulai dari pendidikan, pemerintahan, bahkan sampai pertanian dan peternakan.

Untuk itu, bukan hanya masyarakat urban saja yang membutuhkan akses internet, tetapi kini masyarakat desa juga mulai merasakan manfaatnya. Seperti di Desa Padang Genting, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara. Di desa ini, anak-anak sekolah sudah menggunakan internet sebagai ‘Perpustakaan Digital’ untuk mengakses beragam informasi dan pengetahuan.

Desa Padang Genting memasang perangkat internet untuk mempermudah berbagi dan mencari informasi dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp10.000.000. Dalam prosesnya, instalasi internet itu sudah melalui tahap perencanaan yang tertuang dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) yang telah disepakati melalui proses musyawarah desa.

loading...
Artikel Terpopuler