Desa di Riau Siapkan Generasi Maju dengan Peningkatan Ilmu Keagamaan
Kamis, 24 Oktober 2019 | 09:00 WIB

Desa di Riau Siapkan Generasi Maju dengan Peningkatan Ilmu Keagamaan

Minggu Cerdas jadi bentuk penyiapan generasi penerus yang unggul.
Progam Minggu Cerdas di Desa Kuala Alam, Riau.
Photo :

Progam Minggu Cerdas di Desa Kuala Alam, Riau.

VIVA – Era globalisasi telah membawa pengaruh dalam perkembangan informasi di era digital. Besarnya pengaruh gadget juga memberikan dampak yang besar bagi perkembangan anak. Potensi kecanduan fitur game online dan konten-konten negatif di internet, misalnya. Hal ini menjadi dampak yang sulit dihindari di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, terlebih pada anak. 

Untuk itu, peran dari orang tua sangatlah penting dalam membentengi anak-anak mereka dari dampak negatif informasi dan lingkungan pergaulan. Termasuk para orang tua di Desa Kuala Alam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Para orang tua mesti bijak dan selektif dalam menyikapi masa transisi anak menuju usia remaja.

Salah satu upaya meminimalisir pengaruh negatif tersebut, Desa Kuala Alam memilih pendekatan di bidang keagamaan. Anak-anak di Desa Kuala Anam, usia 6 tahun sampai 12 tahun (SD dan SMP), diikutkan program pengembangan kapasitas SDM yang diberi nama Minggu Cerdas.

Sudihartono Kepala Desa Kuala Alam menjelaskan bahwa program pengembangan SDM ini dibiayai Dana Desa Tahun 2017 sebesar Rp 3 juta. 

“Anak-anak di desa ini, khususnya yang beragama Islam, mengisi hari Minggu (hari libur)-nya tidak hanya dengan bermain, musik, atau berolahraga saja. Tapi lebih bermanfaat bernuansa Islami untuk pengembangan diri dan ilmu pengetahuan agama. Seperti Hafid’z Quran’, Muhadaroh, Pidato, Khutbah, dan Ceramah,” tuturnya kepada tim Viva melalui Whatsapp.

Artikel Terpopuler