Kucuran Dana Desa Terbukti Bangkitkan Geliat Desa di Indonesia
Minggu, 27 Oktober 2019 | 10:00 WIB

Kucuran Dana Desa Terbukti Bangkitkan Geliat Desa di Indonesia

Desa kini jadi ujung tombak bergeraknya ekonomi masyarakat.
Wisata Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah.
Photo :
  • umbulponggok.co.id

Wisata Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah.

VIVA – Dengan pengucuran Dana Desa, kini desa tidak lagi menjadi nomor dua dalam pembangunan. Desa sekarang justru menjelma sebagai ujung tombak bergeraknya ekonomi masyarakat. Termasuk di Desa Nian, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Desa yang terkenal dengan kilau batu akiknya ini tumbuh dan berkembang seiring dengan mengalirnya Dana Desa. Di Desa Nian, jalan bukan lagi jadi kendala, karena Dana Desa yang diperoleh difokuskan untuk sektor infrastruktur. 

“Selama ini, aksesnya ke sini berbatuan, masyarakat banyak yang mengeluh terutama mereka yang saat hendak mengambil obat di Puskesdes. Sarana prasarana (Puskesdes) itu sendiri dibangun pada tahun 2016 dengan anggaran yang juga bersumber dari Dana Desa. Jalan-jalan berbatu menjadi keluhan utama masyarakat desa,” ujar Agustinus Noan selaku Kepala Desa Nian. 

Perbaikan jalan dipilih setelah musyawarah dengan warga dan tokoh masyarakat karena jalan-jalan yang ada di Desa Nian dulunya rusak parah. “Manfaat pembangunan dengan bantuan Dana Desa yang ada di Nian sangat dirasakan masyarakat. Yang pertama, ya pembangunan infrastruktur ini. Yang kedua untuk mempermudah masyarakat jika akan ke Puskesdes, sehingga jika warga berkendara bisa mengantar atau diantar sampai di Puskesdes,” kata Raimundus Kenjam, salah satu warga Desa Nian.

Artikel Terpopuler